Strategi Pembukaan Catur- Pembukaan Gambit Mentri (1.d4 d5 2.c4)

loading...
pembukaan gambit menteri

Pada tulisan sebelumnya mengenai 7 pembukaan terbaik putih terbaik, saya menempatkan pembukaan gambit mentri pada posisi pertama. Pembukaan ini merupakan pembukaan yang telah berumur cukup lama dan telah tercatat dalam Goetingen manuskrip tahun 1490. Perlu kita ketahui, bahwa pada awalnya pembukaan ini kurang mendapat perhatian dan banyak dopertimbangkan untuk dimainkan. Baru kemudian pada akhir abad ke-19 ketika pemahaman tentang bermain posisi mulai berkembang, pembukaan ini menjadi serius diperhatikan dan mulai berkembang.

Pertanyaan yang akhirnya menarik perhatian para penganalisis catur adalah bagaimana jika bertemu dengan lawan yang menggunakan pembukaan ini. Pada tahun 1834, Jaenisch memberikan pendapatnya bahwa salah satu cara yang mudah untuk menjawab langkah ini adalah dengan 1...e6. setelah langkah ini, ada banyak perbedaan pendapat, tergantung pada apa yang akan putih lakukan dan apa rencana hitam lainnya. Hal inilah yang menyebabkan banyak varian yang cukup dikenal sampai saat ini, antara lain varian orthodoks, pertahanancambridge springs, varian tukar, pertahanan lasker, sistem tertakower, sistem ragozin, varian Wina dan varian tarrasch.

Ide dibalik langkah putih 2.c4 adalah untuk menyingkirkan bidak d sehingga memberikan kesempatan kepada putih untuk mendorong bidak ke petak e4. Sehingga salah satu strategi hitam adalah dengan mendorong bidak e6 yang mengakibatkan gajah mentrinya tidak berkembang. Hitam biasanya akan meniru strategi putih untuk menyingkirkan bidak d dengan melangkahkan ...c5. hal ini akan mengakibatkan struktur yang cukum kompleks dan masing-masing pihak akan memiliki bidak gantung.

Adapun strategi dasar pada pembukaan ini jika kita memegang buah putih adalah:
  1. Memainkan e4 jika memungkinkan.
  2. Melakukan rokade, biasanya pada sayap mentri.
  3. Melakukan serangan di sayap raja dengan memanfaatkan keunggulan pada petak pusat, ruang gerak, dan keaktifan perwiranya.

Sedangkan strategi dasar jika kita memegang buah hitam adalah:
  1. Memainkan e5.
  2. Melakukan rokade, biasanya di sayap raja.
  3. Membuka ruang agar gajah mentri bisa keluar dan memilki mobilitas yang baik.
  4. Pada varian orthodoks dan pertahanan Lasker, yang bisa dilakukan aadalh melakukan pertukaran perwira sehingga permainan lebih terbuka.
  5. Pada varian sistem tertakower dan pertahanan tarrasch, yang harus dilakukan adalah menerima struktur bidak yang lemah, namun sebagai kompensasinya adalah meraih posisi permainan yang lebih aktif.
  6. Pada varian gambit diterima, hitam memberikan kesempatan kepada putih untuk mengontrol petak pusat dengan harapan agar memiliki perkembangan perwira yang lebih baik.

loading...