Perbedaan pembukaan catur 1.e4 dan 1.d4

loading...

Pada awal bermain catur, ketika kita memegang buah putih, kita pasi akan kebingungan untuk memilih antara menggyunakan 1.d4 atau 1.e4 karena kedua langkah itu adalah langkah yang paling umum. Oleh karena itu, postingan kali ini akan menjelaskan perbedaan strategi antara pembukaan 1.d4 dan 1.e4.

Pembukaan 1.d4


perbedaan pembukaan d4 dan e4
Pembukaan 1.d4 pada dasarnya adalah pembukaan yang tertutup atau semi tertutup. Hal ini dicirikan dengan sedikitnya jalur yang terbuka. Pada pembukaan ini, putih harus paham permainan posisi dengan baik. Selain itu, putih juga harus memperhatikan koordinasi buah dan strategi yang akan digunakan. Pada pembukaan ini perkembangan perwira cenderung lambat. Tujuan dari langkah pertama putih adalah mengontrol petak e5 dan memberikan ruang pada gajah c1 dan mentrinya. Ada 5 tujuan dari pembukaan ini, yaitu:
1. Mengontrol pusat
2. Mendorong bidak ke e4 jika memungkinkan
3. Perkembangan perwira yang efektif
4. Melakukan rokade, umumnya di sayap raja
5. Menyerang raja lawan, biasanya di sayap raja

Ada 2 jawaban yang paling umum yang bisa dilakukan hitam terhadap langkah ini. Yang pertama adalah dengan menggunakan 1...d5 yang tujuannya adalah mengontrol petak pusat dan yang kedua adalah 1...Kf6 yang merupakan strategi “hypermoderen “ yang bertujuan untuk melakukan pengontrolan petak pusat dengan menggunakan perwiranya. Oleh karena itu, sebagai pemegang buah putih, jika ingi menggunakan pertahanan ini harus menguasai pembukaan 1...d5 beserta seluruh variannya. Selain itu juga harus menguasai pertahanan berlabel hindia seperti hindia nimzo, hindia mentri, hindia bogo, dan pertahanan-pertahanan lainnya yang jarang digunakan.


Pembukaan 1.e4


perbedaan pembukaan catur d4 dan e4

Pembukaan 1.e4 adalah pembukaan terbuka, dimana lajur dan diagonalnya memberikan ruang kepada perwira untuk berkembang. Sebagai pemain putih, hal yang harus diperhatikan adalah taktik dan teknik menyerang, karena pembukaan ini membuka kemungkinan terjadinya pukulan-pukulan kombinasi. Pada pembukaan ini perkembangan perwira cenderung sangat cepat. Langkah pertama putih 1.e4 membuka peluang untuk gajah keluar dan melakukan tekanan di sayap raja. Ada 3 aturan utama dalam pembukaan ini, yaitu:
1. Mengontrol petak pusat, terutama yang paling disukai adalah dengan menempatkan bidaknya pada petak pusat tersebut
2. Mengembangkan perwira, terutama perwira yang ada di sayap raja
3. Melakukan rokade di sayap raja. Itulah kenapa sebaiknya perwira yag dikembangkan terlebih dahulu adalah yang berada di sayap raja.

Sebagai pemegang buah hitam, ada banyak kemungkinan jawaban yang bisa diberikan. Antara lain dengan menggunakan pertahanan-pertahanan yang telah memiliki reputasi tinggi, seperti sisilia, caro-kann, perancis, pirc, moderen, alekhine, dan lain-lain. Atau jika kita lebih menyukai peermainan yang langsung tajam sejak awal, maka kita bisa memilih untuk melangkahkan 1.e5.

Pertanyaannya adalah mana pembukaan yang paling baik? Pembukaan terbuka atau tertutup?
Di dalam buku “chess opening for white,explained winning with 1.e4”, disebutkan alasan mengapa kita harus mempelajari pembukaan terbuka lebih awal, yaitu:
1. Pembukaan terbuka lebih berbahaya pada lawan.
2. Dengan pembukaan terbuka, kita akan mempelajari cara melakukan kombinasi dan cara bertahan dari kombinasi yang banyak muncul pada permainan terbuka.

Selain itu, banyak para Grand Master dunia yang menyarakan agar memainkan pembukaan 1.e4 lebih awal bagi pemula sehingga kita akan belajar lebih banyak kalkulasi, taktik, dan kombinasi yang merupakan hal paling dasar dalam bermain catur. Saya sendiri sampai saat ini selalu menggunakan pembukaan terbuka dan belum pernah mencoba pembukaan tertutup berhubung saya masih pemula.
loading...