Strategi Pembukaan Catur - Pertahanan Slav (1.d4 d5 2.c4 c6)

loading...
loading...
pertahanan slav

Nama pertahanan ini didasarkan pada fakta bahwa banyak master-master berbangsa Slav yang mengembangkan pertahanan ini. Pertahanan ini merupakan pertahanan favorit dari Max Euwe ketika ia menjuarai kejuaraan dunia tahun 1935 melawan Alekhine. Pertahanan Slav merupakan salah satu pertahanan terbaik untuk mengalahkan 1.d4 jika kita tidak menyukai pembukaan yang berlabel “hindia”. Berbeda dengan pertahanan-pertahanan lainnya untuk melawan pembukaan gambit mentri, pertahanan Slav tergolong
memiliki banyak kelemahan yang perlu diketahui jika kita ingin mempelajari pertahanan ini. Adapun kelemahan-kelemahan itu antara lain:
1.    Gajah mentri yang memiliki kemungkinan terkurung dan tidak aktif
2.    Struktur bidak yang tidak seimbang
3.    Potensi terkena pakuan ada pada kuda f6

Sebagai pemegang buah putih, ada beberapa tujuan yag harus dicapai secepatnya pada pembukaan ini, yaitu melakukan dorongan bidak ke petak e4, melakukan rokade yang biasanya dilakukan di sayap raja, dan melakukan serangan  di sayap raja dengan memanfaatkan keunggulan kontrol terhadap petak pusat. 
 
Sedangkan,

Sebagai pemegang buah hitam, tujuan yang harus dicapai adalah melakaukan dorongan terhadap bidak e5, dan melakukan rokade yang umumnya dilakukan di sayap raja. Pertahanan Slav sendiri merupakan pertahanan yang bertujuan untuk mencegah kelemahan yang muncul pada pertahanan gambit mentri ditolak.
Meskipun pertahanan ini memiliki banyak jalur sehingga bisa menghasilkan permainan yang dinamis, pertahanan ini dianggap segbagai pertahanan yang tumpul dan membosankan, terutama pada varian tukar. Pada varian ini, hitam memiliki kesempatan kemenangan yang sangat kecil, sehingga pertahanan Slav pada dasarnya lebih cocok bagi pemain yang memang menginginkan hasil remis, bukan kemenangan. Jadi, jika kita memegang buah hitam dan menginginkan kemenangan, jangan sekali-kali menggunakan varian ini jika tidak ingin kalah, karena jika kita tetap ngotot untuk meraih kemenangan, maka kekalahan telah menunggu di depan.

Pada pertahanan Slav, mengeluarkan gajah mentri merupakan suatu tantangan paling besar karena sangat beresiko melemahkan bidak d maupun bidak b sehingga butuh waktu dan momen yang betul-betul pas jika kita ingin membawa gajah mentri ke permainan. Hal lain yang perlu kita tahu adalah bahwa pertahanan ini bisa bertransposisi menjadi saudaranya, yaitu pertahanan semi-slav.
loading...