7 Pembukaan Catur Terbaik Bagi Putih

loading...
Pada dasarnya, sebagai pemegang buah putih, kita harus bersiap karena yang menentukan alur permainan adalah pemegang buah hitam. Akan tetapi pada beberapa keadaan justru hitam yang memberikan peluang kepada putih untuk menentukan alur permainan. Apabiloa hal tersebut terjadi, maka ada banyak pilihan yang bisa dilakukan oleh pemegang buah putih.

Postingan kali ini  membahas mengenai 7 pembukaan terbaik bagi pemegang buah putih. Penentuan 7 pembukaan terbaik ini didasarkan pada kepopuleran dan presentase kemenangan.  Adapun pembukaan-pembukaan itu adalah:



1. Pembukaan Gambit Mentri (1.d4 d5 2.c4)


Pembukaan gambit mentri adalah salah satu pembukaan tertua. Pembukaan ini pertama kali pertama kali ditulis dalam manuskrip Goetingen tahun 1490 dan pertama kali dianalisis oleh Salvio dan Greco pada awal abad ke-17. Ada 2 kemungkinan yang bisa dilakukan oleh hitam untuk menjawa langkah 2.c4, yaitu dengan melangkahkan 2...e6 atau memakan bidak c. Jika memilih untuk memakan bidak c, itu dinamakan Gambit mentri diterima. Sedangkan jika mendorong 2...e6 dinamakan gambit mentri ditolak. Pembukaan ini diawali dengan langkah 1.d4 sehingga bisa bertransposisi menjadi banyak pertahanan. Antara lain pertahanan hindia raja, hindia mentri, hindia nimzo, benko gambit, pertahanan gruenfeld. Pembukaan ini sangat populer di semua level.


2. Pembukaan Spanyol/Ruy Lopez (1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.Gb5)

Pembukaan Ruy Lopez atau  dikenal dengan nama pembukaan Spanyol di Eropa dan Amerika Latin adalah pembukaan terbaik yang menghidupkan seluruh prinsip catur moderen. Pada pembukaan lain yang menjawab 1.e4 dengan 1...e5 dianggap telah kadaluarsa dan ketinggalan zaman. Akan tetapi berbeda dengan  pembukaan Ruy Lopez. Langkah 3.Gb5 menyebabkan Pembukaan ini memiliki sangat banyak varian sehingga memberikan peluang kemenangan yang sangat baik. Pada postingan mengenai 7 pembukaan catur terbaik bagi hitam menghadapi 1.e4, menjawab dengan 1...e5 masuk dan berada pada posisi ke-2. Oleh karena itu, pembukaan ini bisa dipelajari oleh hitam maupun putih.


3. Pembukaan Inggris (1.c4)

Pada pembukaan ini putih langsung menentukan alur permainan sejak langkah pertama. Pembukaan ini memperoleh namanya dari asosiasi yang mungkin di dalamnya banyak orang Inggris. Salah satunya adalah Howard Staunton. Staunton memainkan pembukaan ini enam kali melawan St. Amant pada pertandingan tahun 1843. Staunton dan orang-orang pada zamannya mengerti banyak tentang strategi yang saat ini kita kenal dengan nama “hypermodern”. Paul Morphy adalah salah satu pecatur hebat yang tidak menyukai pembukaan ini karena menganggapnya “fall out of fashion”. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa banyak juara dunia catur yang menggunakan pembukaan ini ketika menjadi juara dunia. Antara lain Botvinik, Karpov, Kasparov, dan Fischer.


4. Pembukaan Reti (1.Kf3)

Sama seperti pembukaan Inggris, pembukaan reti juga langsung menentukan alur permainan sejak langkah pertamanya. Pembukaan ini tergolong pembukaan sayap yang juga menggunakan konsep “hypermoderen” dengan menggunakan 2 gajah fianchettonya. Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini biasanya hanya meggunakan satu gajah fianchetto dan melangkahkan d4 sedini mngkin sehingga bisa bertrasposisi menjadi pembukaan Catalan ataupun Neo-Gruenfeld.


5. Pembukaan gajah raja (1.e4 e5 2.Gc4)

Pembukaan gajah raja bertujuan untuk mencegah perkembangan kuda di sayap raja lebih awal sehingga mamungkinkan untuk mendorong bidak f. Pembukaan ini telah dipelajari oleh master catur terdahulu, antara lain Lucena dan Ruy Lopez dan juga merupakan favorit dari Philidor. Diantara para pecatur moderen, hanya Bent Larsen yang selalu menggunakan pembukaan ini. Pembukaan ini bisa bertransposisi menjadi pembukaan Vienna, italia/Giucco Piano, dan pembukaan gambit raja.


6. Pembukaan Vienna (1.e4 e5 2.Kc3)

Sebelum Perang Dunia I, Vienna (Wina) adalah ibu kota dari beberapa kekaisaran. Pembukaan ini dinamakan Vienna Game karena pada saat itu Grand Master dari kota ini seperti Tertakower dan Spielman sering menggunakan pembukaan ini. Pembukaan ini juga dipakai oleh beberapa pecatur hebat saat itu, seperti Alekhine dan Chigorin. Pada saat ini pecatur yang suka berusaha adakalanya memakai pembukaan ini seperti Anand dan Shabalav. Grand Master Rusia Tseitlin adalah salah satu yang menganjurkan menggunakan pembukaan ini dengan menulis buku tentang pembukaan ini bersama Glaskov. Pembukaan ini sendiri merupakan pembukaan favorit saya.



7. Pembukaan trompowsky (1.d4 Kf6 2.Gg5)


Salah satu ciri pembukaan Trompowsky adalah mengembangkan gajah ke petak g5 lebih awal. Pembukaan ini bisa bertransposisi ke banyak bentuk, antara lain pembukaan Torre, Colle, Hodgson, Varesov, Stonewall, london system dan berbagai macam gambit d4 lainnya. Dibandingkan dengan saudara-saudara lainnya, pembukaan Trompowsky memiliki peluang yang lebih baik.

Tabel Presentase kemenangan 7 pembukaan terbaik bagi putih


No
Pembukaan
Putih menang
(%)
Remis
(%)
Hitam menang (%)
Jumlah partai
1
Gambit Mentri
41,76
33,92
24,32
80.103
2
Ruy Lopez
37,6
36,9
25,5
71.800
3
Inggris
36,68
36
27,32
154.963
4
Reti
36,66
36,33
27
33.772
5
Gajah raja
42
29
29
9.586
6
Vienna
41
28
31
10.766
7
Trompowsky
40,33
27,33
32,33
16.803
 
loading...