loading...

40 Seni Bela Diri Populer

loading...
loading...
Seni beladiri atau yang kita kenal juga dengan olah raga beladiri saat ini telah menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Tingginya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan keamanan menyebabkan bela diri telah menjadi salah satu olah raga yang diminati oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita. Berikut ini adalah beberapa seni bela diri atau olah raga bela diri yang cukup populer di dunia:


1. Karate

Karate adalah olah raga bela diri yang berasal dari Jepang yang berarti “tangan kosong”. Olah raga beladiri ani sangat populer di dunia terutama di Indonesia dan dijadikan ekstrakulikuler pada banyak sekolah di Indonesia.


2. Tae Kwon Do

Kepopuleran olah raga Tae Kwon Do sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Seni beladiri yang berasal dari Korea ini telah menarik minat banyak orang. Di almamater kampus saya sendiri, organisasi yang menaungi Tae Kwondo lebih banyak beranggotakan perempuan. Mungkin karena pengaruh demam K-POP ya?


3. Aikido

Di Indonesia, aikido mungkin belum sepopuler Karate maupun Tae Kwon Do. Tetapi, seni bela diri ini perlahan mulai digemari banyak kalangan di Indonesia.


4. Jeet Kune Do

Jeet Kune Do adalah olah raga beladiri yang dikembangkan oleh salah seorang maestro bela diri dunia, Bruce Lee. Beladiri ini memadukan banyak gaya bertarung. Seni beladiri ini tergolong beladiri campuran.


5. Wing Chun

Seni beladiri ini mencapai kepopuleran di Indonesia terutama setelah munculnya film Ip Man yang dibintangi oleh Donnie Yen. Seni beladiri ini menunjukkan kecepatan tangan yang sangat luar biasa.


6. Kung Fu

Kung Fu adalah seni beladiri yang sangat populer di dunia. Seni bela diri asal Cina ini sangat terkenal di semua belahan dunia. Hal ini tidak lepas dari keberadaan film-film Cina yang banyak menampilkan adegan beladiri ini. Di Indonesia, kita mungkin banyak mengenal beladiri ini dari film BOBOHO.


7. Krav Maga

Krav Maga meruakan beladiri mematikan yang diciptakan oleh salah seorang anggota militer Israel. Seni beladiri ini merupakan seni beladiri yang sangat mematikan dan berbahaya.


8. Pencak Silat

Pencak silat merupakan beladiri asli Indonesia. Sayangnya, seni beladiri ini di negri ini masih belum banyak diminati. Banyak orang lebih tertarik untuk mempelajari beladiri karate ataupun Tae Kwon Do karena pergurun beladiri asing ini lebih mudah ditemukan.


9. Muay Thai

Muay Thai adalah beladiri asal negri gajah, Thailand. Salah satu ciri khas dari gaya bertarung Muay Thai adalah penggunaan lutut dan siku untuk menyerang lawan. Seni bela diri ini sangat efisien sehingga banyak dipelajari terutama oleh petarung-petarung UFC


10. Ju Jitsu

Ju Jitsu atau dikenal juga dengan Jiu Jitsu merupakan seni beladiri asal Jepang yang fokusnya adalah melakukan pitingan terhadap lawan. Beladiri ini fokus pada persendian tubuh karena seorang petarung dituntut untuk membuat lawan menyerah sebelum mematahkan persendiannya.


11. Capoera

Capoera adalah seni beladiri Brazil. Secara sekilas, seni beladiri mirip dengan tarian. Hal ini dikarenakan pada awal perkembangannya seni beladiri dilarang di Brazil hingga kemudian mereka mebuat seni beladiri yang hanya tampak seperti tarian.


12. Brazilian Jiu Jitsu

Pada dasarnya, seni beladiri ini hampir sama dengan seni beladiri ju jitsu asal Jepang. Akan tetapi, banyak orang yang membedakan antara seni beladiri juu jitsu Brazil dengan seni eladiri juu jitsu jepang.


13. Judo

Judo merupakan seni beladiri yang sangat efisien jika kita ingin melatih kemampuan beladiri. Judo sangat fokus pada usaha untuk melakukan bantingan terhadap lawan.


14. Kick Boxing

Sesuai namanya, Kick Boxing mengkombinasikan antara pukulan-pukulan dasar dalam olah raga tinju dengan tendangan


15. Dambe

Seni beladiri ini beasal dari benua Afrika, tepatnya negara Mesir.seni beladiri ini termasuk seni beladiri yang sangat keras da sangat berbahaya.


16. Sambo

Sambo merupakan salah satu seni beladiri yang dikembangkan di Rusia. Sambo merupakan perpaduan dari banyak seni beladiri yang berasal dari banyak negara dan kebudayaan, seperti Jepang,  Viking, Tatar, Mongol, dan lain-lain.


17. Gulat

Gulat atau dalam bahasa inggris kita kenal dengan nama Wrestling merupakan olah raga yang cukup populer di dunia terutama melalui tayangan-tayangan smack down.


18. Wushu

Secara harfiah, kata wushu ini berarti seni beladiri/seni bertempur. Seni beladiri ini berasal dari Cina dan telah mencapai kepopuleran di dunia termasuk Indonesia.


19. Systema

Systema juga merupakan salah satu seni beladiri yang pertama kali dikembangkan di Rusia. Sesuai dengan katanya yang berarti sistem, sehingga beladiri ini berfokus untuk menyerang bagian tubuh lawan seperti siku, lutut, pinggang, pergelangan leher, bahu, dan pergelangan tangan. Olah raga ini dipadukan dengan penggunaan pisau maupun senjata api.


20. Tarung Derajat

Tarung derajat merupakan seni beladiri yang bisa dikatakan cukup brutal. Gaya bertarung beladiri asal Indonesia ini memang dikembangkan melalui pertarungan jalanan di kota bandung oleh pendirinya. Seni beladiri ini adalah seni beladiri dasar TNI Angkatan Darat.


21.  Bekorad Jit kun Do

Mungkin banyak orng yang jarang mendengar nama ini. bekorad jitkundo adalah salah satu seni beladiri campuran yang pertama kali dikembangkan oleh orang Indonesia. Bekorad adalah singkatan dari “Beladiri Keras Olahraga Arif Dahlan”. Pusat dari olah raga ini di Indonesia adalah kota Bandung. Di Makassar sendiri olahraga ini bisa anda temui di kampus Unhas dan kampus UNM. Jadi, jika anda tertarik untuk mempelajari beladiri ini, datang saja ke Baruga A.P. Petarani Unhas pada pukul 16.00 WITA tiap sabtu dan minggu.


22. Ninjutsu

Ninjutsu adalah seni beladiri yang sangat misterius. Tidak diketahui berapa jumlah orang yang mempelajari seni beladiri ini  atau apakah seni beladiri ini masih ada.


23. Kempo

Kempo merupakan sebuah bentuk gaya beladiri yang berasal dari Jeepang. Salah satu keunikan dari seni beladiri ini adalah banyaknya penggunaan tangan. Kempo memiliki banyak bentuk dan yang cukup terkenal di Indonesia adalah shorinji Kempo.


24. Hapkido

Hapkido merupakan salah satu seni beladiri asal Korea lainnya yang cukup populer di dunia. Pergerakan dalam seni beladiri ini berdasarkan pada prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan.


25. Kendo

Seni beladiri kendo  banyak dikenali melalui film-film maupun drama dan anime asal Jepang. Ciri khas dari seni beladiri ini adalah penggunaan pedang kayu dan baju pelindung ala samurai Jepang.


26. Sumo

Sumo adalah seni beladirinya orang-orang dengan berat badan luar biasa. Sumo merupakan seni beladiri yang berasal dari Jepang.


27. Tinju

Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan tentang olah raga yang satu ini. apalagi fakta menunjukkan bahwa para petinju kelas dunia memiliki pendapatan yang sangat tinggi dibandingkan atlet-atlet olahraga lainnya.


28. Anti Teror Kampf

Beladiri asal jerman ini merupakan sebuah sistem beladiri yang murni untuk tujuan pertahanan diri. Seni beladiri ini sangat bagus untuk orang-orang yang lemah secara fisik.


29. Tomoi

Tomoi merupakan seni beladiri asal negeri Jiran, Malaysia. Seni beladiri ini berkembang di daerah Kedah, Tregganu dan Klantan.


30. Savate

Savate adalah seni bertarung yang pertama kali ndikembangkan di Perancis. Seni beladiri ini mengkombinasikan pukulan dan tendangan. Hampir mirip dengan Muay Thai, hanya saja tidak terdapat pukulan dengan siku dan lutut.


31. Pankration

Pankration memiliki arti yang kurang lebih yaitu “tanpa aturan” . Dalam olimpiade Yunani Kuno, seni olahraga ini menggunakan kombinasi yang sangat mengerikan karena mengombinasikan pukulan, tendangan, mencolok mata, bahkan mematahkan jari. Mungkin saat ini sudah tidak seperti itu lagi.


32. Taichi

Taichi juga merupakan salah satu beladiri yang sangat populer asal Cina. Seni beladiri ini memiliki kemiripan dengan beladiri-beladiri asal Cina lainnya.


33. Kalari Payat

Kalari Payat adalah seni beladiri asal negara India. Kalari Payat dipercaya sebagai seni beladiri pertama di dunia.


34. Kuntao

Kuntao merupakan nama lain untuk jenis beladiri wushu yang telah berkembang terutama di negara-negara Asia Tenggara.


35. Eskrima

Seni beladiri eskrima pertama kali dikembangkan oleh orang-orang Filipina. Seni beladiri ini banyak menggunakan alat seperti tombak dan pedang sebagai alat pertarungan


36. Taido

Ada yang tahu seni beladiri ini beasal dari mana? Taido adalah salah satu beladiri yang berkembang di Jepang. Pada aawalnya pendiri beladiri ini mendirikan ganseiryu karate. Akan tetapi, karena telah jauh menyimpang, maka ia mendirikan aliran beladiri baru dengan nama Taido.


37. Anggar

Kata anggar berasal dari basaha Perancis  “en Grade “ yang berarti bersiap. Seni beladiri ini menekanpan pada kemampuan dan kelincahan tanga untuk memotong, menusuk, ataupun menangkis serangan lawn.


38. Vovinam

Vovinam adalah seni beladiri khas dari negara Vietnam. Senibeladiri ini merupakan seni yang baru berkembang dan banyak mendapat pengaruh dari seni beladiri ternama asal asia lainnya seperti karate, Wushu, dan Tae Kwon Do.


39. Kurash

Seni beladiri ini berasal dari Asia Tengah yang merupakan sebuah seni beladiri kuno. Seni beladiri ini mengharuskan para petarungnya untuk saling melempar satu sama lain untuk mendapatkan poin.


40. Zipota

Seni beladiri ini adalh seni beladiri yang berasal dari Spanyol yang memiliki kemiripan dengan savate Perancis.

itulah seni beladiri atau olahraga beladiri yang saat ini cukup populer di dunia. apabila anda tertarik untuk menjadikan olahraga beladiri sebagai gaya hidup anda, maka anda tinggal perlu memilih salah satunya saja.
loading...