Mengapa Anak Anda Perlu belajar Seni Bela Diri

loading...
loading...
alasan anak perlu belajar bela diri
image source : taekwondoerel.blogspot.com

Tulisan ini terinspirasi karena saya tiba-tiba mengingat sebuah video yang sempat menggegegrkan dunia pendidikan Indonesia. Di video yang tersebar melalui dunia maya itu, kita bisa melihat bagaimana seorang siswi salah satu sekolah dasar di Indonesia dibully dan dipukuli oleh teman-teman sekelasnya.

Anda sebagai orang tua yang memiliki anak tentunya tidak ingin agar anak anda mengalami hal tersebut bukan?
Anda dan saya yang tentunya pernah mengalami masa kanak-kanak tentunya tahu bagaimana potensi terjadinya bully di lingkungan kita. Di sekolah, di jalan, bahkan di lingkunga pengajian, bullying tetap memiliki potensi untuk terjadi.
Oleh karena itu, di bawah ini saya ingin menunjukkan manfaat yang bisa diperoleh dengan mempelajari setidaknya satu olehraga bela diri.

1. Menghindari Bullying

Dengan mempelajari seni bela diri, mungkin anda akan takut jangan sampai anak anda menggunakan pengetahuannya itu untuk menyakiti orang lain. Sebaiknya anda atidak perlu takut karena seni bela diri jika diajarkan dengan benar tidak akan menimbulkan mental sebagai jagoan dalam diri anak melainkan mental kesatria. Bela diri hanya akan digunakan untuk kebaikan bukan keburukan.

2.  Untuk pertumbuhan

Anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan tidak hanya membutuhkan makanan sehat.  Anak-anak juga harus dibekali dengan olahraga untuk memaksimalkan usia pertumbuhan mereka itu. Oleh karena itu, salah satu pilihan olahraga yang baik adalah bela diri.

3. Meraih prestasi

Meraih prestasi di bidang bela diri bukan berarti harus babak belur seperti yang anda saksiakn dalam UFC. Prestasi beladiri bisa diraih dengan cara lain yang menghindari kontak fisik seperti cabang "kata" dalam bela diri karate.

4. Untuk kesehatan

Anak-anak yang masih berusia muda tentu sangat rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, dengan mengenalkan seni bela diri sejak dini maka anda tidak perlu terlalu khawatir akan kesehatan anak. dengan olah raga, setidaknya anak-anak bisa lebih tahan terhadap penyakit.

5. Belajar menghormati orang lain

Salah satu hal yang selalu ada dalam setiap seni bela diri adalah rasa hormat. Seni bela diri megajarkan kita untuk menghormati orang lain. Dalam latihan misalnya jika kita mengenai lawan, maka kita tidak akan membawa masalah itu di luar.

6. Membentuk karakter dan mental yang kuat

Seni beladiri akan menghasilkan karakter dan mental yang kuat pada anak anda sehingga pada akhirnya ia akan menjadi lebih berani dalam hal apapun. Sikap pemalu, takut, tidak percaya diri, dan sikap negatif lain akan hilang dengan sendirinya.