7 Pertahanan terbaik bagi hitam melawan 1.d4

loading...
loading...
Seperti kita ketahui bersama, prinsip utama pembukaan catur adalah tentang penguasaan petak pusat, sehingga Pada umumnya, partai-partai catur yang ada dan sering kita lihat sehari-hari adalah partai catur yang diawali dengan langkah yang bertujuan untuk menguasai petak pusat tersebut, yaitu 1.d4 dan 1.e4. Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan 7 pertahanan terbaik menghadapi 1.e4, dan kali ini akan membahas 7 pertahanan terbaik menghadapi 1.d4. Adapun 7 pertahanan terbaik menghadapi 1.d4 yaitu:

1. Pertahanan Hindia-Nimzo
pertahanan hindia nimzo

Pertahanan hindia nimzo adalah pertahanan yang berada dalam urutan pertama dalam daftar ini. Popularitasnya yang sangat tinggi dan probabilitas kemenangannya yang baik menyebabkan saya meletakkan pertahanan ini pada posisi pertama. Pertahanan Hindia-Nimzo memiliki probabilitas kemenangan yang hampir sama dengan pertahanan Sisilia. Pertahanan Hindia-Nimzo adalah pertahanan “hypermoderen” yang memfokuskan pada pengontrolan petak pusat dibandingkan mendudukinya. Pertahanan ini adalah pertahanan favorit saya jika menghadapi 1.d4.

2. Pertahanan Hindia Mentri
pertahanan hindia mentri

Pertahanan Hindia Mentri dianggap sebagai pertahanan paling sehat oleh para master. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat pertahanan ini merupakan pertahanan yang sangat baik jika ingin meraih hasil remis dibandingkan pertahanana berlabel “hindia” lainnya. Pertahanan hindia mentri adalah pertahanan jika hitam menolak mengembangkan kuda di petak c3 dan lebih memilih mengembangkan kuda di f6. Sehingga ada baiknya jika kita mempelajari hindia mentri bersama hindia nimzo, karena kedua pertahanan itu berupakan satu satu perangkat yang memungkinkan kita memiliki probabilitas kemenangan yang lebih baik.

3. Pertahanan Slav
pertahanan slav

Pertahanan Slav sangat cocok bagi anda yang ingin meraih hasil remis. Pertahanan ini merupakan pertahanan dengan hasil remis terbaik yang ada di dalam daftar ini. Ada dua ide dasar dari melangkahkan 2...c6 pada pertahanan ini. Yang pertama adalah untuk menyokong petak pusat tanpa membiarkan gajah mentrinya terkurung, sedangkan yang kedua adalah agar bidak c bisa menyokong jika nanti bidak b didorong ke petak b5 setelah sebelumya ia memakan bidak c, sehingga hitam unggul satu tempo serangan pada sayap mentri.


4. Pertahanan Gruenfeld
pertahanan Gruenfeld

Pertahanan Gruenfeld ditemukan oleh master Austria bernama Ernst Gruenfeld pada 1922. Pertahanan ini juga tergolong pertahanan yang menganut paham “hypermodern”. Pertahanan ini memiliki reputasi yang baik dan memiliki struktur yang kokoh. Beberapa Grand Master menggunakan pertahanan ini dalam karir mereka antara lain Kasparov, Fischer, Smyslov, Leko, Korchnoi dan Illescas. Pertahanan ini sangat aktif dan penuh taktik. Pada dasarnya ada bahaya yang dihadapi hitam karena medan tengah putih yang kuat yang mampu melakukan serangan yang sangat kuat. Akan tetapi jika bermain dengan baik, hitam tetap bisa merasa aman

5. Pembukaan Gambit mentri diterima
Queens gambit accepted

Pembukaan gambit mentri diterima masuk ke dalam daftar ini karena pada umumnya pembukaan d4 akan berlanjut menjadi pembukaan ini. Meskipun pembukaan ini jarang dimainkan dibandingkan dengan gambit mentri ditolak, gambit mentri diterima merupakan pilihan yang baik jika kita tidak menguasai salah satu pembukaan untuk menghadapi 1.d4. pembukaan ini pertama kali dicatat pada 1512 oleh Damiao, dimana pada saat itu hitam selalu berusaha mempertahankan bidak yang telah berhasil ia rampas.

6. Pertahanan Hindia Raja
pertahanan hindia raja

Pada pertahanan ini, hitam akan menyerahkan petak pusat pada langkah-langkah awal sambil meyiapkan serangan secara parsial. Pada umumnya hal itu dilakukan dengan langkah ...e5, dan kadang juga dengan ...c5 meskipun jarang. Jika putih merespon ...e5 dengan d5, maka hal ini akan menyebabkan medan tengah terkunci sehingga yang akan memenangkan permainan adalah yang pertama kali melakukan penerobosan. Mengorbankan bidak atau bahkan perwira merupakan hal yang sangat umum, karena beginilah teori permainan pada pertahanan ini.

7. Gambit Benko 
benko gambit

Nama gambit ini diambil dari seorang Amerika-Hungari, Grand Master Pal Benko. Konsep dari gambit ini adalah mengurangi dukungan bidak c4 dan membuka lajur a dan b agar bisa meluncurkan serangan ke sayap mentri. Strategi hitam dengan menyerahkan satu bidak ini cukup beresiko. Akan tetapi, jika kita memiliki persiapan yang matang, maka hal ini bukanlah hal yang sulit untuk diatasi. Beberapa orang bahkan menolak untuk memakan bidak b tersebut karena biasanya mereka akan merasakan penyiksaan yang sangat keras dari hitam.

No
Pertahanan
Putih menang (%)
Remis (%)
Hitam menang (%)
Sampel jumlah partai
1
Hindia Nimzo
34,54
34,27
31.19
54.308
2
Hindia Mentri
32,66
41,5
25,84
36.549
3
Slav
35,4
41,6
23
33.083
4
Gruenfeld
35,25
38,75
26
29.540
5
Gambit Mentri Diterima
36,5
39,25
24,25
18.146
6
Hindia Raja
42,625
28,875
28,5
98.852
7
Gambit Benko
41
27
32
32.345