Pengertian Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan Manusia

loading...
loading...

Pengertian kebutuhan

 

Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani dan rohani untuk kelangsungan hidupnya. Apabila sebagian besar kebutuhannya terpenuhi, maka manusia tersebut disebut makmur. Jadi, kemakmuran adalah situasi atau keadaan di mana sebagian besar kebutuhan manusia terpenuhi.
Kemakmuran berbeda dengan kekayaan karena yang dimaksud kekayaan menunjukkan jumlah barang dan jasa yang dimiliki seseorang. Kebutuhan setiap manusia akan berbeda-beda satu sama lain.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia antara lain keadaan alam, peradaban/ kebudayaan, serta agama dan adat istiadat.

Keadaan alam tempat manusia hidup akan mempengaruhi jenis barang dan jasa yang dibutuhkan. Contohnya adalah kebutuhan masyarakat di daerah pantai yang udaranya panas akan berbeda dengan kebutuhan masyarakat di daerah pegunungan yang udaranya dingin.

Peradaban manusia yang terus berkembang dari waktu ke waktu sehingga mempengaruhi jenis kebutuhan manusia. Contohnya alat komunikasi yang pada awalnya hanya sekedar alat menyampaikan informasi berubah menjadi alat komunikasi yang paling cepat dan menyampaikan informasi dalam jumlah tidak terbatas.

Agama dan adat istiadat akan mempengaruhi jenis kebutuhan manusia.


Macam-macam kebutuhan manusia


macam-macam kebutuhan manusia

Macam-macam kebutuhan manusia dibagi menjadi 4 macam kebutuhan, yaitu berdasarkan tingkat kepentinganya (intensitasnya), berdasarkan sifatnya, berdasarkan waktunya, dan berdasarkan subjeknya.

Berdasarkan tingkat kepentingannya, macam-macam kebutuhan terbagi menjadi 3, yaitu :
  1. Kebutuhan primer, adalah kebutuhan mutlak yang harsus dipenuhi oleh seseroang untuk mempertahankan kelangsungan hidunya. Contoh : sandang atau pakaian, pangan atau makanan, papan atau tempat tinggal, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.
  2. Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan tambahan yang bisa dipenuhi jika kebutuhan primer telah terpenuhi. contohnya adalah alat-alat elektronik, mebel seperti kursi, meja, dan lain-lain.
  3. Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan mewah yang biasanya hanya dipenuhi oleh orang-orang tertentu saja yang memiliki kelas sosial tinggi. Contohnya adalah olahraga golf, mobil sport, sekolah di luar negeri, traveling keliling dunia, dan lain-lain.

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan manusia terbagi menjadi dua, yaitu :
  1. Kebutuhan jasmani, adalah kebutuhan untuk kepentingan kesehatan jasmani guna memelihara pertumbuhan jasmani. Contoh : makan dan minum, pakaian, olahraga dan perhiasan.
  2. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan untuk kesehatan dan ketenangan jiwa/ rohani seseorang. Contoh : ibadah, rekreasi, membaca buku, menonton TV, berselancar di internet dan lain-lain.

Berdasatkan waktunya,  kebutuhan manusia terbagi atas dua macam, yaitu :
  1. Kebutuhan sekarang, yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu juga. Contoh : obat untuk orang sakit, makanan/ minuman untuk orang lapar/ haus, pemadam kebakaran/ air untuk tempat yang mengalami kebakaran.
  2. Kebutuhan yang akan datang, adalah kebutuhan yang dapat ditunda dan dipersiapkan sekarang untuk masa mendatang. Contoh : menabung, ikut asuransi, kuliah, dan lain-lain.

Berdasarkan subjeknya, kebutuhan manusia terbagi menjadi dua macam, yaitu :
  1. Kebutuhan pribadi/ individu, adalah kebutuhan yang menyangkut kepentingan pribadi. Contoh : mode pakaian, bahan bacaan, alat musik, dan olahraga.
  2. Kebutuhan kelompok/ kolektif, adalah kebutuhan untuk pemenuhan orang banyak atau masyarakat. Contoh : jalan, jembatan, lapangan olahraga, siskamling dan rumah sakit.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian kebutuhan manusia dan pembagian macam-macam kebutuhan manusia. 
loading...