loading...

Pertahanan Petrov (1.e4 e5 2.Kf3 Kf6)

loading...
loading...
pertahanan petrov

Pertahanan Petrov berasal dari nama pecatur Rusia pada abad ke -19 yang pertama kali menggunakan pertahanan ini sebagai strateginya pada babak pembukaan catur. Pembukaan catur yang berkembang dengan pertahanan ini tergolong sebagai permainan yang sederhana, tenang, dan memerlukan kecekatan.
Karena kesederhanaannya, pembukaan ini tidak akan menimbulkan efek kejut kepada lawan dan tidak mendorong lawan untuk melakukan posisi yanng lebih kompleks. Pembukaan ini seperti menunjukkan kepada lawan bahwa kita sedang meniru langkah mereka. Pertahanan ini tidak memiliki banyak embel-embel, tidak ada hal yang sangat wow dan istimewa serta mengagumkan. Jadi, simple saja. Just do the job.

Hal inilah mungkin yang menjadi alasan mengapa pertahanan ini jarang digunakan, bahkan di level klub dan warkop. Pada kenyataannya, pertahanan ii seharusnya cukup bagus karena untuk memperoleh keuntungan kecil saja putih harus bisa bekerja dan berjuang dengan keras.

Beberapa varian yang bisa muncul dari pertahanan ini antara lain adalah varian utama dimana akan dilanjutkan dengan langkah 3.Kxe5 d6 4.Kf3 Kxe4 5.d4 d5. Langkah kelima hitam 5...d5 bertujuan untuk menyokong kuda di petak e4 juga memberikan kesempatan dan ruang yang lebih baik pada gajah raja hitam untuk berkembang dan juga mengontrol petak pusat dengan bidaknnya tersebut. Strategi yang umumnya dilakukan putih adalah mengusir kuda di e4  dengan mengembangkan bidak ke c4, kemudian gajah ke d3, dan nantinya akan diikuti oleh benteng ke e1. Hitam juga bisa memilih langkah 5...Ge7 yang memberikan kesempatan dan ruang yang lebih leluasa kepada putih.

Jika putih memaksa hitam untuk mundur tanpa banyak melakukan pertukaran, maka ia akan memenangkan inisiatif permainan. Putih juga bisa memilih untuk melakukan strategi yang sanagat beresiko dan berbahaya dengan mengembangkan bidak ke c3 dan Mb3. Putih akan memenangkan satu bidak dan konsekuensinya adalah ia akan membiarkan kuda itu tetap nongkrog di petak e4.

Putih juga bisa memilih langkah alternatif lain dengan mengembangkan mentri pada langkah kelima. Biasanya varian ini akan menyebabkan pertukaran mentri lebih awal sehinga kurang menjanjikan kemenangan.

Jika putih ngotot untuk memenangkan permainan, maka ia bisa memilih langkah 3.d4!? yang merupakan langkah yang sangat tajam sehingga cocok bagi pemain yang tidak ingin sesegera mungkin mencapai posisi yan seimbang. Bagi hitam, jika menghadapi varian ini, maka salah satu pilihan langkah yang bisa diandalkan adalah dengan 3...Kxd4 4.Gd3 d5 (atau 4...Kc6 yang cukup lumayan). Pilihan lainnya bagi hitam adalah 3...exd4 4.e5 Ke4 yang akan membawa posisi struktur bidak yang simetris, akan tetapi putih akan berkembang dengan agresiv. 
loading...