Pengertian Sosialisasi dan Tujuan Sosialisasi

loading...

Pengertian sosialisasi


Secara umum, pengertian sosialisasi adalah suatu proses yang membantu individu melalui proses belajar dan menyesuaikan diri, agar ia dapat berperan dan berfungsi di dalam kelompoknya. Pengertian yang lain mengenai sosialisasi adalah proses pembelajaran individu untuk menjalankan peran dan statusnya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
 
Macionis mengartikan sosialisasi sebagai suatu pengalaman sosial sepanjang hidup yang memungkinkan seseorang mengebangkan potensi kemanusiaannya dan mempelajari pola-pola kebudayaan. Menurut Giddens, sosialisasi  merupakan tahapan perkembangan manusia secara aktif mulai dari lahir (bayi) hingga sepanjang akhir hidupnya  yang akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri, berpengetahuan, dan terampil.
 
Merujuk pada definisi sosialisasi menurut Macionis dan Giddens, secara sederhana sosialisasi dapat didefinisikan sebagai tahapan-tahapan pembentukkan sikap atau perilaku individu di suatu masyarakat dalam berinteraksi yang berlangsung sejak ia lahir hingga sepanjang hidupnya agar sesuai dengan peran yang dijalankan dalam lingkungan kehidupannya. Hal-hal pokok yang dapat ditarik berdasarkan definisi sosialisasi antara lain sebagai berikut :
  1. Sosialisasi merupakan tahap perkembangan individu sejak lahir dan berlangsung sepanjang hidupnya.
  2. Melalui proses sosialisasi terjadi proses saling mempengaruhi antarindividu, antara individu dan kelompok, atau antarkelompok berdasarkan potensi dan kebudayaannya.
  3. Melalui proses sosialisasi, individu atau kelompok menyerap pengetahuan, nilai dan norma sosial, keterampilan, serta kebudayaan.
  4. Sosialisasi membentuk individu menjadi satu kepribadian yang khas dan kebudayaannya pun ikut terpelihara.
Di samping sosialisasi, di dalam masyarakat juga terjadi proses enkulturasi atau pembudayaan, yaitu sebuah proses mempelajari kebudayaan sendiri dengan mempelajari adat-istiadat, bahasa, seni, agama, dan kepercayaan yang hidup dalam lingkungan kebudayaan masyarakat.
 
Proses sosialisasi dan enkuluturasi berlangsung dari generasi tua ke generasi muda melalui tahapan tertentu. Sebagai contoh, seorang anak mempelajari kehidupan yang dimulai dari lingkungan keluarganya, tetangga, teman sebaya/ sepergaulan, dan lingkungan sekolah.

 

Tujuan sosialisasi


Sosialisasi yang dilakukan mungkin saja terdapat perbedaan di antara satu lembaga dengan lembaga yang lain, satu kelompok dengan kelompok yang lain, dan masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya. namun demikian, sosialisasi itu memiliki banyak kesamaan tujuan. Adapun tujuan sosialisasi adalah sebagai berikut :
  1. Memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi kehidupan di masyarakat. Sekolah merupakan media dalam proses transfer pengetahuan.
  2. Mengembangkan kemampuan seseorang agar dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Seseorang yang berbicara dengan cara yang sopan, merupakan contoh sosialisasi untuk tujuan ini.
  3. Menanamkan nilai-nilai dan norma bertingkah laku sesuai dengan nilai, norma, dan kepercayaan yang ada di dalam massyarakat. Anak kecil yang dididik mengaji dan memahami ilmu agama merupakan contoh sosialisasi untuk tujuan ini.
  4. Untuk memahami peranan dan status sosial masing-masing. Orang tua mengajarkan anak-anak tentang peran dia sebagai seorang anak, laki-laki ataupun perempuan merupakan contoh sosialisas untuk tujuan ini.
pengertian dan tujuan sosialisasi


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sosialisasi dan tujuan sosialisasi. Semoga tulisan ini bermanfaat.
loading...