11 Aturan Emas Pertahanan Sisilia

loading...
loading...

Dalam buku yang berjudul “how to play sicilian defense” dari David Levi dan Kevi o’connel, ada beberapa aturan vital yang perlu diingat dan dipahami untuk meningkatkan kemenangan dalam permainan dengan pertahanan Sisilia, yaitu:
pembukaan catur lemah
  1. Hitam harus selalu bertujuan untuk melakukan  penghancuran dengan mendorong bidak ke petak d5. Apabila hitam dapat melakukan dorongan tersebut tanpa kesalahan, maka setidaknya ia akan mencapai keseimbangan, bahkan lebid dari itu.
  2. Sebagai pemegang idak putih, jangan menukar kuda di d4 denga kuda  di c6, karena hal itu akan menguatkan posisi hitam jika kuda tersebut dimakan dengan bidak b, sehingga hitam bisa mendorong d5 lebih cepat. Ketika hitam melangkahlkan ...b5 yang bertujuan untuk mengembangkan gajah ke b7, putih harus tetap mempertimbangkan untuk melakukan penukaran.
  3. Sebagai hitam, jangan menukar gajah fianchetto di sayap raja bahkan untuk memenangkan bidak atau melakukan penukaran jika kedua mentri masih ada di atas papan, karena akan memudahkan putih untuk melakukan penyerangan di sayap raja yang memudahkan kemenangan bagi putih.
  4. Sebagai putih, jangan melemahkan sayap mentri dengan a3 kecuali jika ntuk menyulitkan hitam melakukan ...b4.
  5. Perhatikan peluang melakukan kombinasi pada petak b5, d5, e6, f5, dan c3.
  6. Dalam posisi tertentu, putih bisa melakukan penukaran gajah hitamnya apabila terdapat kemungkinan bagi hitam untuk menjaga bidak-bidaknya.
  7. Pada posisi telah terjadi ...e5, putih harus menjaga petak tersebut untuk menempatkan perwiranya, bukan bidak. Putih juga harus menghambat terjadinya ...f5.
  8. Sebagai putih, apabila ragu-ragu, usahakan untuk memperbaiki posisi perwira yang jelek, atau melakukan serangan ke sayap raja.
  9. Sebagai hitam, apabila ragu-ragu, usahakan untuk memperbaiki posisi perwira yang jelek, atau melakukan serangan ke sayap mentri.
  10. Pada “maroczy bind” dengan g6 cenderung untuk menguntungkan putih karena kemungkinan untuk melakukan serangan balik terbatas. Sementara itu “maroczy bind” dengan e6 lebih menguntungkan hitam karena kemungkinan untuk mendorong ...d5 lebih besar.
  11. Pada permainan akhir cenderung untuk menguntungkan hitam karena Lajur c setengah terbuka lebih menguntungkan hitam dibanding lajur d setengah terbuka bagi putih danHitam bisa melakukan “minority attack” dengan bidak-bidaknya.