Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Manusia

loading...
loading...
Sebagai salah satu bagian dari bumi, manfaat atmosfer sangat banyak bagi kehidupan, baik bagi kehidupan manusia maupun kehidupan makhluk lainnya seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang. Dampak atmosfer pada kehidupan umumnya bersifat positif, yaitu memberikan manfaat bagi kehidupan, akan tetapi ada pula kalanya gejala-gejala yang terjadi di atmosfer memberikan dampak negatif yaitu dampak yang merugikan.

 

Dampak positif atmosfer terhadap kehidupan


Manfaat positif atmosfer bagi kehidupan secara keseluruhan yaitu sebagai berikut :
  1. Atmosfer memberikan kehidupan kepada makhluk hidup, tanpa tidak akan ada kehidupan di bumi. Manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan memerlukan udara untuk bernafas.
  2. Gejala-gejala cuaca seperti angin, hujan, dans ebagainya terjadi di atmosfer. Dengan adanya atmosfer, akan ada hujan. Hujan memberikan manfaat akan membuat tumbuhan hidup, dan kebutuhan air untuk makhluk hidup lainnya dapat terpenuhi.
  3. Angin merupakan salah satu sumber energi bagi manusia. Sejak zaman dahulu, angin telah dimanfaatkan oleh manusia. Pelayaran-pelayaran pada zaman dahulu untuk menjelajahi dunia, menggunakan tenaga angin untuk mendorong kapalnya agar berlayar. Nelayan-nelayan tradisional menggunakan tenaga angin untuk pergi dan pulang untuk menangkap ikan di laut. Pada zaman teknologi sekarang ini, pemanfaatan tenaga angin sebagai sumber energi sudah semakin maju, mislanya sebagai pembangkit listrik dengan biaya murah.
  4. Gejala-gejala atmosfer seperti terjadinya petir, dapat melarutkan gas nitrogen di udara, dan oleh air hujan dibawa masuk ke dalam tanah. Nitrogen sangat dibutuhkan tumbuh-tumbuhan untuk pertumbuhannya (menyuburkan tanah)
  5. Atmosfer menjadi pelindung bagi bumi dari radiasi sinar matahari sehingga bumi tidak terlalu panas, dan juga sebagai penahan pantulan panas matahari yang diterima bumi sehingga bumi tidak terlalu dingin.
  6. Penerbangan dengan pesawat udara dapat dilakukan dengan adanya udara di atmosfer. Pesawat udara tidak akan bisa terbang tanpa udara, berbeda dengan pesawat ruang angkasa yang dapat terbang pada ruang hampa udara.


Dampak negatif atmosfer bagi kehidupan


Berikut ini adalah beberapa pengaruh atmosfer yang memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia :
  1. Atmosfer yang tercemar oleh gas-gas beracun baik oleh kegiatan alam seperti peletusan gunung berapi maupun oleh kegiatan manusia dapat mengganggu kesehatan, bahkan dapat mematikan manusia dan makhluk hidup lainnya.
  2. Angin puting beliung dan angin topan dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi manusia, seperti tumbangnya pohon di pinggir jalan, bangunan, putusnya jaringan listrik, dan lain-lain. Kalau hal ini terjadi di laut, sangat membahayakan pelayaran karena dapat menyebabkan tenggelamnya kapal laut.
  3. Cuaca buruk seperti kabut tebal, badai di atmosfer, sangat mengganggu penerbangan bahkan dapat menyebabkan pesawat terbang jatuh.
  4. Kabut tebal di atas permukaan laut seperti yang sering terjadi di daerah beriklim sedang, sangat mengganggu pelayaran karena nahkoda kapal tidak dapat melihat kapal di depannya. Hal ini dapat menimbulkan tabrakan kapal.
  5. Kekeringan yang terlalu lama dapat merugikan petani yaitu gagalnya panen.
  6. Musim hujan yang berkepanjangan dengan curah hujan yang tinggi dapat menimbulkan banjir yang sangat merugikan masyarakat.
  7. Gelombang udara panas seperti yang terjadi di daerah beriklim sedang misalnya Eropa dan Amerika Utara sangat mengganggu aktivitas manusia, bahkan ada kalanya dapat menimbulkan korban jiwa, gelombang panas pada bulan Juli tahun 2006, telah menewaskan 112 orang di Perancis dan 150 orang di Amerika Serikat. Korban jiwa ini umumnya adalah para lansia yang rentan terkena penyakit akibat perubahan cuaca yang drastis.
manfaat atmosfer bagi kehidupan manusia


Demikianlah penjelasan mengenai manfaat atmosfer bagi kehidupan manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat.