Pertahanan Nimzovitch (1.e4 Kc6)

loading...


pertahanan nimzovitch

Pada umumnya, para pemegang buah putih yang memilih untuk melakukan pembukaan catur dengan langkah 1.e4 telah mempersiapkan diri untuk menghadapi pertahanan-pertahanan  yang umum antara lain pertahanan Sisilia, pertahanan Caro-Kann, Pertahanan Perancis, Pertahanan Pirc, Pertahanan Robertsch, Pertahanan Alekhine, dan lain-lain.
Oleh karena itu, sebagai hitam jika ingin menghindari langkah-langkah utama ini, maka salah satu pilihan yang terbaik adalah pertahanan Nimzovitch. Pertahanan ini nmerupakan salah satu pertahanan yang dikembangkan oleh Aron Nimzovitch. Dengan langkah ini hitam bisa menghindari kemungkinan yang berbahaya jika pemain putih memiliki kesiapan yang baik karena pertahanan Nimzovitch masih jarang dimainkan sehingga bisa menimbulkan kebingungan bagi putih.

Tujuan utama hitam pada pertahanan ini adalah untuk menunda pengembangan bidak ke pusat karena hitam berencana akan melakukan serangan melalui sayap raja. Nimzovitch sendiri masih jarng menggunakan pertahanan ini. Bagi para master yang lain, pembukaan ini tidak populer sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun pertahanan ini masih kalah dengan pembukaan lainnya yang dibuat oleh Nimzovitch, yaitu Pertahanan Hindia Nimzo.

Pada kenyataannya, langkah 1...Kc6 bukanlah merupakan langkah yang baru. Akan tetapi, Nimzovitchlah orang yang pertama kali mempelajari pembukaan ini dengan dalam dan menyimpulkan bahwa pembukaan ini adalah pembukaan yang kokoh. Banyak master di era moderen yang tidak setuju dengannhya sehingga pembukaan ini relatif jarang terlihat.

Beberapa pecatur seperti Miles dan Benjamin yang merupakan pemain spesialis pembukaan nonorthodoks menggunakan pembukaan ini dengan sporadis, dan hasilnya cukup mengejutkan karena banyak mengalahkan lawan yang belum memiliki persiapan terhadap pertahanan ini.

Pada varian utama, putih akan melanjutkan dengan 2.d4 d5 3.e5, dimana putih akan memiliki penyerangan di sayap mentri yang lebih tajam dibandingkan serangan sayap raja hitam. Teori menunjukkan bahwa ada banyak lajur yang memungkinkan putih memperoleh keunggulan dan hitam gagal mencapai keseimbangan posisi sehingga pembukaan ini bisa dipertimbangkan kekokohannya.
 
posisi pada varian utama


loading...