Pertahanan dua kuda ( 1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.Gc4 Kf6 )

loading...
loading...
pertahanan dua kuda

Pertahanan dua kuda adalah pertahanan yang cukup populer terutama di kalangan pecatur pemula yang ingin mengembangkan kemampuan kalkulasinya dalam permainan catur terutama pada babak pembukaan catur. Sejarah mencatat bahwa pertahanan ini telah ada sejak tahun 1580 dan merupakan bagian panjang dari sejarah perkembangan pembukaan catur. Polerio adalah orang yang pertama kali menganalisis pertahanan ini dengan serius. Pertahanan dua kuda ini tergolong tajam dan sangat berbahaya. Oleh karena itu penting untuk menguasai varian-variannya.
Pilihan langkah ketiga hitam 3...Kf6 menyebabkan pembukaan ini menghindar dari pembukaan Italia dan pembukaan gambit Evans. Langkah ini menyebabkan putih memiliki dua pilihan yaitu memenangkan bidak dengan 4.Kg5 atau melakukan pengembangan perwira dengan memilih langkah 4.d4.

Siegbert Tarrasch menyebut langkah 4.Kg5 adalah langkah para pemula, dimana putih hanya mengembangkan dua perwira dan kemudian melakukan penyerangan secara brutal dengan kedua perwira itu. Bagi Tarrasch, hal ini bukanlah merupakan strategi yang benar. Akan tetapi Wilhelm Steinitz berpikir sebaliknya. Beberapa juara dunia juga memilih langkah ini. Bahkan Boby Fischer memilih menggunakannya lebih dari sekali. Langkah 4.Kg5 memang merupakan langkah yang sangat betrbahaya dan sangat tajam. Apabila hitam tidak memiliki persiapan yang baik dengan penguasaan teori yang benar, maka pertahanan hitam akan dihancurkan habis-habisan. Beberapa pecatur agresif sepefrti Chigorin, Keres, Tal, dan Spassky adalah pecatur-pecatur yang tidak pernah takut menghadapi langkah ini jika bermain sebagai pemegang buah hitam.

Jika putih memilih langkah 4.Kg5 untuk mengancam petak f7, maka langkah yang biasa dilakukan hitam adalah 4...d5. kemudian disusul dengan langkah 5.exd5 Ka5 mengancam gajah putih. Baloasan putih umumnya adalah melakukan skak dengan 6.Gb5+ diikuti dengan langkah 6...c6 7.dxc6 bxc6 8.Ge2 h6. 
posisi setelah 8...h6

Selain itu, hitam juga bisa memilih  5...Kd4 yang dikenal dengan nama Fritz variation. Dan jika hitam ingi memainkan permainan yang lebih tajam lagi dengan kalkulasi yang lebih rumit  maka ia bisa mengabaikan ancaman putih tersebut dan melakukan serangan ke petak f2 dengan Gc5.
Jika putih memilih langkah 4.d4 untuk pengembangan perwira, maka hitam bisa memilih varian Max Lange Attack dengan 4...exd4 5.0-0 Gc5. Varian ini akan membuat posisi permainan lebih kompleks.
posisi setelah 5...Gc5

Putih juga bisa memilih untuk melakukan sokongan pada bidak e dengan langkah 4.d3 atau dengan langkah Kc3 yang akan membuat hitam mencapai keseimbangan dengan mudah.
posisi setelah 4.d3