Pembukaan Vienna ( 1.e4 e5 2.Kc3 )

loading...
loading...
pembukaan vienna

Pembukaan Vienna memiliki kemiripan yang cukup banyak dengan pembukaan gambit raja. Pembukaan ini memiliki banyak kemungkinan untuk bertransposisi menjadi pembukaan gambit raja. Sebagai hitam , ada banyak perangkap yang perlu untuk diketahui. Meskipun demikian, pada pembukaan ini hitam memiliki kesempatan yang cukup baik, bahkan sering kali bisa memenangkan posisi dengan mudah, bukan hanya mencapai keseimbangan posisi.
Kota Wina merupakan ibukota dari kekaisaran Austria-Hungaria pada abad ke-19. Pembukaan ini merupakan pembukaan yang disukai oleh Grand Master asal Wina yaitu Tertakower dan Spielman sehingga menggunakan nama Vienna.

Ada beberapa pilihan langkah bagi hitam pada langkah kedua, yaitu 2...Kf6, 2...Kc6 dan 2...Gc5. langkah 2...Kc6 pernah digunakan oleh Capablanca yang bertujuan untuk menghindari posisi yang umum dari pembukaan ini.

Langkah kedua hitam 2...Kf6 dianggap sebagai langkah terbaik bagi hitam.  Putih memiliki tiga kemungkinan pada langkah ketiga, yaitu 3.Gc4, 3.f4 dan 3.g3.
vienna game

the vienna game

how to play vienna game

Langkah 3.Gc4 adalah langkah yang paling sering dan paling umum ditemui. Untuk menghadapi langkah ini, hitam memiliki beberapa kemugkinan langkah terbaik., yaitu 3...Kxe4, 3...Kc6, 3...Gc5, 3...d6, atau 3...c6.
Langkah 3...Kxe4 dianggap sebagai langkah paling agresif.dan jika putih menukar kuda tersebut, maka akan diikuti dengan 4...d5. dan hitam memiliki bidak yang sangat kuat di petak e5. Varian ini disebut varian Frakenstein-Dracula karena akan menghasilkan permainan dengan posisi yang sangat kompleks dan memerlukan kalkulasi yang baik.
pembukaan vienna
varian Frakenstein drakula
Langkah 3...Kc6 bisa membuat permainan ke arah yang kompeks dan juga sederhana tergantung pada keinginan dari para pemain.
varian pembukaan vienna
posisi setelah 3...Gc5

cara bermain vienna game
posisi setelah 3...Kf6
Langkah 3...Gc5 adalah langkah yang cukup aman dan cukup kokoh yang memiliki kemiripan denga pembukaan gambit raja ditolak. Varian ini tidak perlu untuk ditakuti karena putih akan memiliki posisi yang lebih nyaman.

Langkah 3...c6 dan 3...d6 cukup jarang dimainkan tetapi bisa untuk dipertimbangkan.

Langkah 3.f4 adalah langkah favorit dari Spielman. Langkah ini bisa bertrasposisi menjadi gambit Pierce, gambit Hamppe-Allgaier dan gambit Steinitz yang akan menghasikan permainan yang menarik bagi kedua belah pihak.

Langkah 3.g3 dianggap kurang baik karena putih menyerahkan kontrol petak pusat pada hitam.