Pertahanan Philidor (1.e4 e5 2.Kf3 d6)

loading...
pertahanan philidor

Pertahanan Philidor berasal dari nama salah seorang pecatur terkuat pada abad ke-18 yang pertama kali memperkenalkan pertahanan ini dalam analisisnya ynag berjudul L’Analyse pada tahun 1749. Pada abad ke-19, pertahanan ini menjadi salah satu pertahanan yang paling sering digunakan oleh pecatur pada masa itu.
 Pada awal abad ke-20, pecatur-pecatur hebat seperti Aron Nimzovitch, Tertakower, Alekhine dan marco tercatat pernah menggunakan pertahanan ini. Orang yang paling terkemuka menggunakan pertahanan Philidor saat ini adalah Grand Master asal Inggris Tony Korsten yang menulis buku tentang pertahanan ini.

Pertahanan Philidor sering kali digunakan jika kita ingin menghindari pembukaan bidak raja yang telah terkenal dan populer seperti Ruy Lopez, Italia, Gambit Evans, dan lain-lain. Jadi pembukaan ini cocok jika kita menginginkan pembukaan yang tidak terlalu kompleks.

Kendati demikian, meskipun hitam bisa mencapai posisi yang solid hitam tetap akan memiliki tantangan yang besar. Untuk mencapai posisi yang berimbang hitam harus berjuang dengan keras. Hal inilah ynag menyebabkan pertahanan Philidor jarang digunakan apalagi pada level atas. Biasanya pembukaan ini digemari di level klub dan warkop saja. 

Pilihan langkah ketiga yang paling umum dilakukan oleh putih adalah 3.d4 yang merupakan strategi dasar pada babak pembukaan catur yaitu penguasaan petak pusat. Pada langkah ini hitam memiliki dua kemungkinan jawaban yaitu tetap mempertahankan petak pusat e5 atau menyerahkan petak pusat ini dengan 3...exd4. selain itu, hitam juga bisa memilih 3...Kf6 (favorit Nimzovitch) atau 3...Kd7.

Jika hitam menolak memakan bidak d putih, maka putih bisa memilih untuk memakan bidak e hitam dengan 4.dxe4. pada langkah keempat ini, putih juga bisa memilih untuk mengembangkan perwiranya dengan Kc3 yang memberikan sedikit keuntungan ruang bagi putih.

Putih juga bisa memilih langkah 3.Gc4 yang memberikan sedikit keuntungan posisi. Sebagai pemegang buah putih, sebaiknya hindari menukar bidak e hitam karena hal itu hanya akan memberikan ruang dan kebebasan bagi hitam.

Permainan pada pertahanan Philidor ini biasa menghasilkan varian permainan yang sangat tajam bagi kedua pihak dan biasanya akan terjadi rokade di sayap yang berlawanan.
loading...