loading...

Pembukaan Ruy Lopez/Pembukaan Spanyol (1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.Gb5)

loading...
loading...
pembukaan Ruy Lopez

Pembukaan Ruy Lopez atau dikenal juga dengan nama pembukaan Spanyol adalah salah satu pembukaan terbaik bagi putih dan juga bagi hitam jika ingin memenangkan permainan catur. Pembukaan ini berdasarkan nama dari salah seorang pendeta yang berasal dari Spanyol yang bernama Ruy Lopez.
Pada umumnya, pembukaan yang di awali dengan langkah awal 1.e4 e5 seperti pembukaan Italia, pembukaan Vienna ataupun pembukaan lainnya dianggap telah kuno dan ketinggalan zaman sehingga di level grand master telah jarang dimainkan. Lain halnya dengan pembukaan Ruy Lopez atau pembukaan Spanyol yang tetap memiliki reputasi yang sangat tinggi. Langkah 3.Gb5 memungkinkan permainan menuju ke arah yang lebih fleksibel dan lebih seru bagi kedua sisi.

Pembukaan ini saya masukan dalam dalam daftar 7 pertahananterbaik menghadapi 1.e4 dan daftar 7 pembukaan terbaik bagi putih.

Pembukaan Ruy Lopez/ Pembukaan Spanyol memiliki daftar varian yang sangat banyak, dan tentunya setiap varian memilki sistem yang berbeda-beda. Langkah 3.Gb5 adalah langkah yang sangat menarik karena putih mengancam kuda c6 yang berperan menjaga bidak e5 dan disaat bersamaan, langkah itu juga membuka peluang bagi putih untuk melakukan rokade di sayap raja.

Sebagai hitam, perlu diperhatikan bahwa putih biasanya tidak akan menukar gajahnya dengan kuda di c6, sehingga salah satu tips yang perlu diingat jika sedang berada dalam pertarungan yang meggunakan pembukaan Spanyol/Pembukaan Ruy Lopez, maka kembangkanlah pewira yang berada pada posisi yang dipersiapkan untuk melakukan rokade. 

Setelah langkah 3.Gb5, hitam memiliki banyak pilihan dan kemungkinan untuk dilangkahkan. Kemungkinan pertama adalah mengusir gajah b5 dengan memainkan 3...a6. akan tetapi dengan memilih langkah ini, maka hitam wajib menguasai beberapa kemungkinan varian yang bisa terjadi. Kemungkinan kedua adalah melangkahkan 3...g6. langkah ini akan menciptakan posisi yang kokoh bagi hitam dan sangat digemari oleh Spassky dan Smyslov. Kemungkinan ketiga adalah pilihan yang sangat tajam dan cukup riskan yaitu dengan melangkahkan 3...f5 atau dikenal dengan nama Schielman Variation. Kemungkinan keempat yang bisa menjadi pilihan bagi hitam adalah dengan melangkahkan 3...Kf6. langkah ini dinamakan varian pertahanan Berlin. Salah satu yang sangat menggemari varian ini adalah Alexei Shirov.

Untuk mengetahui varian-varian dari pembukaan Ruy Lopez yang sangat banyak, maka hal itu akan ditulis pada postingan lainnya.
loading...