7 Pertahanan terbaik bagi hitam menghadapi 1.e4

loading...

Sejak awal perkembangan permainan catur, langkah 1.e4 merupakan langkah yang sangat sering digunakan oleh pemegang buah putih. Langkah ini menawarkan permaianan tajam, sangat terbuka, dan sangat menarik untuk dimainkan. untuk mengahadapi itu,sudah ada banyak pertahanan yang berkembang untuk menaklukkan 1.e4. Berikut ini adalah 7 pertahanan terbaik menghadapi e4.

7. Pertahanan Alekhine

pertahanan alekhine

Ada sedikit pertimbangan untuk memilih posisi 7 pada daftar ini antara pertahanan Skandinavia atau Pertahanan alekhine. akan tetapi setelah dilihat dengan baik maka saya memutuskan bahwa diposisi 7 adalah pertahanan Alekhine.Pertahanan ini pertama kali diperkenalkan oleh Grand Master Rusia Aleksander Alekhine di Budapest pada tahun 1921.

Selama periode 1930-an, pertahanan ini merupakan favorit dari para pecatur-pecatur terbaik dunia saat itu, diantaranya Euwe, Flohr, Rashevsky dan Reuben fine. Tujuan utama dari strategi pertahanan ini adalah melakukan provokasi terhadap pemain putih untuk mendorong bidaknya ke medan tengah untuk kemudian dimusnahkan.Sejak pertama kali diperkenalkan, pembukaan ini telah dimainkan pada sekitar 25.463 partai catur dilevel turnamen dengan rasio kemenangan adalah 37,6% bagi putih, remis 28,8% dan sebanyak 33,6% berakhir untuk kemenangan hitam (sumber:chessbase januari 2011).

meskipun memiliki rasio kemenangan yang sangat tinggi, saat ini pertahanan alekhine telah kehilangan popularitasnya karena varian terbaru menunjukkan bahwa pertahanan ini tidak cukup solid dan mudah dihancurkan.akan tetapi dilevel klub atau warkop pertahanan ini sangat baik dan perlu untuk dicoba.pertahanan alekhine cukup mudah untuk dipelajari karena hanya memiliki 4 varian, yaitu varian utama, varian tukar, variab moderen dan serangan 4 bidak. tertarik??

6. pertahanan Pirc

pertahanan pirc

Posisi 6 diisi oleh pertahanan Pirc.Dari 37.520 partai yang tercatat, 40,5% kemenangan diraih oleh putih, 37,5% remis dan 37,5% lainnya adalah kemenangan bagi hitam. Pertahanan ini diambil dari nama pecatur Yugoslavia Vasja Pirc. tujuan pertahanan ini adalah untuk mengontrol medan tengah menggunakan perwira dari pada menguasainya dengan bidak atau perwira. untuk kepopuleran, pertahanan Pirc tidak perlu dipertanyakan lagi. bahkan pemain catur yang tidak mengerti bermain dengan baik biasanya tidak sadar telah melakukan pertahanan ini.

Pada umumnya pecatur pemula sering mamainkan gajah fianchetto dipetak g7, ciri khas dari pertahanan ini.karena kepopulerannya inilah, pertahanan Pirc bisa menggeser pertahanan alekhine dan berada pada daftar nomor 6. ada 2 varian dalam pertahanan ini, yaitu varian klasik dan varian serangan austria. varian serangan austria merupakan varian yang paling berbahaya bagi pemain hitam sehingga jika ingin mempelajari pertahanan ini, maka varian ini harus dikuasai dengan baik.

5. pertahanan Robatsch/modern

Pertahanan Robatsch/ pertahanan Moderen

Posisi 5 adalah saudara atau kerabat dekat dari pertahanan Pirc yang disebut dengan pertahanan Robatsch atau disebut juga pertahanan moderen. Pertahanan ini diambil dari nama seorang master Austria Karl Robatsch yang pertama kali menganalisisnya dengan serius. perbedaan antara pertahanan ini dengan pertahanan pirc adalah flesibilitasnya. dengan memberikan tempat kepada gajahnya untuk berkembang terlebih dahulu di g7,hitam dapat mendorong bidak b, c ,dan bidak d-nya satu atau dua langkah ke depan dan terkadang juga bidak a atau bidak e-nya.hal ini memungkinkan kuda dan gajah yang ada di sayap mentrinya memiliki banyak varian tempat untuk berkembang.

Pembukaan ini telah dimainkan sebanyak 36.861 partai sampai tehun 2011 dengan rasio kemenangan adalah 39,6% bagi putih, 29,6% remis, dan 30,8% berakhir bagi kemenangan hitam. pembukaan ini tidak memiliki varian khusus untuk dipelajari.

4. pertahanan Perancis

Pertahanan Perancis

Ada sedikit dilema ketika menentukan tempat ke 4 pada daftar ini mengingat pertahanan Perancis memiliki tingkat kepopuleran yang sangat tinggi dibandingkan pertahanan yang berada diposisi ketiga. pertahanan Perancis merupakan salah satu pertahanan yang sangat umum pada setiap turnamen.ertahanan ini pertama kali dianalisis oleh Lucena seorang pecatur Italia 0pada abad ke 15.nama pertahanan Perancis sendiri diambil karena pertahanan ini dimainkan oleh pecatur-pecatur yang berasal dari kota Paris pada tahun 1834.

Dalam pertahanan Perancis, hal yang pertama harus dilakukan adah bertahan untuk kemudian melakukan serangan balik. beberapa pecatur hebat seperti Mikhail Botvinnik, Korchnoi, dan Nigel Short memainkan pertahanan ini dengan sangat baik. pertahanan Perancis merupakan salah satu pertahanan dengan Varian paling banyak, antara lain varian dorong, varian klasik, MacCutcheon, Burn's, Rubinstein, Steinnitz, Winawer,Tarrasch, dan varian tukar. varian Winawer dan Tarrasch sendiri masih memiliki banyak varian lainnya. pertahanan ini tercatat telah dimainkan sebanyak 142.081 partai dengan rasio kemenangan sebesar 38,7% untuk putih, 32,4% remis dan 28,9% untuk kemenangan hitam.

3. Pertahanan Caro-Kann

pertahanan Caro-Kann

Keunggulan pertahanan Caro-Kann dibandingkan pertahanan Perancis adalah terletak pada perkembangan perwiranya yang mampu berkembang dengan baik. pada pertahanan Perancis, gajah purih tidak memiliki tempat yang baik untuk berkembang karena ada bidak e6 yang menghalanginya untuk keluar. hal inilah yang menyebabkan pertahanan Caro-Kann lebih baik dan berada pada posisi ke 3 dibandingkan pertahanan Perancis.

Pertahanan Caro-Kann sendiri pada awalnya tidak memiliki popularitas yang tinggi. Pertahanan ini telah ada sejak abad ke 16 namun masih kurang dimengerti. pada tahun 1890, seorang pecatur dari kota Berlin Horatio Caro dan pecatur dari kota Wina Marcus Kann menganalisis pertahanan ini dengan serius.Ada 3 mantan juara dunia yang menggunakan pertahanan ini secara reguler yaitu Jose Raul Capablanca,  Mikhail Botvinnik hingga Anatoly Karpov.

Ada beberapa vaian umum dalam pertahanan Caro-Kann, yaitu varian utama, varian dorong, varian tukar, varian fantasi, varian dua kuda varian smyslov, dan varian Panov Botvinnik. tercatat pertahanan ini telah dimainkan sebanyak 70.021 kali dengan rasio kemanangan sebesar 37,6% untuk putih, 35,3% remis dan 27,1% untuk kemenangan hitam.

2. pembukaan 1...e5
Ruy Lopez Opening

Mungkin ada yang bertanya mengapa diantara pertahanan-pertahanan terbaik ada langkah 1...e5. perlu diketahui bahwa langkan 1...e5 saat ini merupakan salah satu langkah yang paling ampuh untuk menghadapi 1.e4 selain pertahanan yang ada di posisi 1 dalam daftar ini. langkah 1...e5 adalah langkah yang sangat menjanjikan kemenangan. dengan langkah ini, maka permainan akan menjadi terbuka dan sangat seru dan tajam hingga akhir.

Langkah ini bisa bertranspoisi ke banyak ragam jenis pembukaan, antara lain pembukaan Italia, Ruy Lopez, Vienna, Gambit evans,pembukaan 4 kuda, pembukaan 3 kuda dan lain-lain. langkah ini juga bisa bertransposisi ke banyak pertahanan antara lain pertahanan Petrof dan pertahanan Philidor. dilihat dari rasio kemenangannya,untuk pembukaan Ruy Lopez sendiri dari 189.000 partai  tercatat 37,6% kemenangan bagi putih, 36,9% remis dan 25,5% bagi hitam.

Langkah ini cocok bagi pemain yang suka bermain tajam dan membutuhkan kalkulasi yang sangat tinggi. olehnya itu tidak salah jika Lev Arburt dalam  bukunya yang berjudul "Chess Opening for Black,Explained" memasukkan langkah ini sebagai langkah yang paling solid menghadapi 1.e5, mengunguli pertahanan-pertahanan lain seperti Perancis, Alekhine, Skandinavia, Owen, Moderen, dan lain-lain.

1. Pertahanan Sisilia
the sicilian defense

Tidak diragukan lagi bahwa pertahanan Sisilia merupakan pertahanan terbaik menghadapi 1.e4. pertahanan ini adalah pertahanan dengan rasio kemenangan paling berimbang antara hitam dan putih. pada era moderen, pertahanan Sisilia adalah pertahanannya para juara. Gary Kasparov dan Bobby Fischer adalah para juara di abad ke-20 yang menggunakan pertahanan ini. dikejuaraan-kejuaraan lokal dan regional, pecatur level klub, pecatur level warkop, bahkan orang-orang yang hanya penikmat catur banyak mengenal pertahanan ini.

Pertahanan Sisilia telah ada di Italia (sisilia merupakan sebuah pulau bagian dari negara Italia) sejak 400 tahun yang lalu, pertama kali disebut oleh Polerio. nama Sisilia sendiri diberikan oleh Greco pada abad berikutnya. Partai catur antara MacDonnel dan La Bourdonnais pada 1834 menyebabkan dunia percaturan saat itu memberikan apresiasi pada pertahanan Sisilia. langkah 1.c5 menggagalkan putih menempatkan dua bidak di petak pusat. akan tetapi, untuk mempelajari pertahanan ini sangat tidak mudah, karena kesalahan sedikit saja akan berakibat pada kekalahan.

Pertahanan Sisilia merupakan pertahanan dengan varian paling banyak diantara semua pertahanan antara lain varian Nadjdorf yang terbagi dalam beberapa varian, varian dragon juga terbagi menjadi beberapa varian, varian Schveningen, Taimanov, Paulsen/kan, Richter Rauzer, velminoric, Sozin, Sveshnikov/Pelikan, Alapin, sisilia tetutup, dan lain-lain yang kesemuanya itu terdiri dari beberapa varian. data yang tercatat di ChessBase hingga Januari 2011 menunjukkan bahwa jumlah partai dengan pertahanan Sisilia adalah sebanyak 405.121 dengan rasio kemenangan 36,2% bagi putih, 29,6% remis dan 34,2% berakhir untuk kemenangan hitam.

jadi, apa Pertahanan anda saat ini? tertarik untuk mempelajari salah satunya?? 
loading...