loading...

struktur dan posisi perwira Caro-Kann varian relaxed panov

loading...
loading...

ada 4 struktur penting dalam varian panov yang harus diketahui menurut Eric Schiller. yang pertama adalah relaxed panov, yang kedua adalah pengembangan dari yang pertama yang disebut fractured kingside panov, yang ketiga adalah gambit panov dan yang terakhir adalah gambit panov yang dicirikan dengan bidak putih di petak c5.penguasaan terhadap struktur dan posisi perwira ini sangat penting karena jika gagal, maka hitam akan mudah terjebak pada posisi yang sangat buruk.


adapun struktur dan posisi perwira relaxed panov dapat dilihat pada diagram dibawah:

struktur dan posisi perwira Caro-Kann varian relaxed panov



1. raja

   raja akan aman jika rokade di sayap raja. Perkembangan raja sangat penting sehingga kita harus mencoba membawa raja ke tempat yang lebih aman.jika kuda meninggalkan petak c6, maka skak pada diagonal a4-e8 akan sangat mengganggu.


2. mentri

   mentri cenderung tetap berada pada lajur d sehingga jika terjadi pertukaran kuda di petak d5, maka mentri yang digunakan untuk memakan kuda putih.


3. benteng

   penempatan benteng harus menunggu hingga putih memutuskan untuk rokade. pada beberapa keadaan, benteng sebaiknya berada pada petak c8 sedangkan benteng yang lainnya bisa ditempatkan pada petak e8 atau d8 jika dibutuhkan.


4. gajah

   gajah putih hitam biasanya ditukar dengan kuda dipetak f3, tetapi hanya jika putih harus memakan dengan bidak g.sebaliknya, jika diganggu oleh bidak h, maka gajah akan ke petak h4.sedangkan gajah yang satunya lagi biasanya ditempatkan di petak e7, tetapi boleh juga jika ditempatkan di petak d6, b4, atau menangkap perwira lawan dipetak c5.


5. kuda

   pada varian ini, kuda ditempatkan di petak c6 dan d5. kuda berperan menjaga tekanan pada bidak terisolir di petak d4,dan menghalangi bidak tersebut untuk maju adalah prioritas utama bagi hitam.
loading...