Pertahanan Hindia Nimzo (1.d4 Kf6 2.c4 e6 3.Kc3 Gb4)

loading...
loading...


pertahanan hindia nimzo

Jika pertahanan sisilia adalah pertahanan terbaik menghadapi 1.e4, maka pertahanan hindia nimzo adalah pertahanan terbaik menghadapi. 1.d4. Pertahanan ini pertama kali diperkenalkan oleh salah satu pecatur terhebat di dunia, Aron Nimzovitch. Pertahanan ini mengusung konsep hyper moderen yaitu memilih untuk menguasai dan mengontrol peta pusat dengan menggunakan bidak maupun perwira dibandingkan dengan menduduki petak pusat itu  sendiri.
Pertahanan hindia nimzo sangat fleksibel dan solid, sehingga hitam bisa melakjukan rokade dengan cepat bahkan hanya pada langkah keempet jika ia menginginkannhya. Pada saat yang bersamaan, kuda di petak f6 juga melakukan penguontrolan terhadap petak e4.

Dalam sejarahnya, pembukaan ini telah mengantar banyak kesuksesan pada banyak pecatur ternama seperti Anatoly karpov, garry kasparov, vladimir kramnik, dan anand viswanathan.

Pada pertahanan ini, hitam melakukan serangan balik dengan cepat dengan melakukan pinning terhadap kuda c3 putih. Hitam bisa melakukan pertukaran gajahnya dengan kuda c3 putih yang menyebabkan putih akan memiliki bidak susun pada lajur c. Hal ini memungkinkan bagi hitam ungtuk segera mengembangkan perwiranya dengan cepat. Hal yang tentunya sangat menarik adalah bahwa pada langkah ketiga hitam telah mengembangkan dua perwira sedangkan putih hanhya mengembangkan satu perwira dan itupun di”pinning” oleh gajah hitam.

Sebagai putih, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghadapi pertahanan ini. Ada beberapa kemungkinan langkah ke empat yang bisa dipilih oleh putih, antara lain Mb3, Mc2, a3, f3, e3, Kf3, Gf6, dan g3.

Salah satu alasan utama mengapa pertahanan ini menjadi pertahanan paling populer adalah karena pertahanan ini menyajikan pertarungan-pertarungan tajam dan agresive pada setiap varian-variannya.

Kunci pertarungan dari pertahanan hindia nimzo adalah putih berjuang untuk menguasai medan tengah dengan bidak-bidaknya, sedangkan hitam akan berusaha untuk melakukan blokade terhadap hal tersebut.
Pertahanan Hindia-Nimzo memiliki varian yang sangat banyak dan sangat khusus. Oleh karena itu, pembahasan mengenai varian-varian pertahanan Hindia Nimzo akan dibahas pada postingan lainnya.