loading...

Pertahanan Moderen (pertahanan robatsch) (1.e4 g6)

loading...
loading...
Pertahanan Moderen (pertahanan robatsch) (1.e4 g6)

Pertahanan Moderen atau dikenal juga dengan nama pertahanan Robatsch adalah salah satu pertahanan populer dan juga salah satu pertahanan terbaik dalam menghadapi pembukaan yang diawali dengan bidak raja yaitu langkah 1.e4. pertahanan ini memiliki kemiripan dengan sepupunya yaitu pertahanan pirc.
Pada umumnya, semua pertahanan dan pembukaan dalam catur langsung dapat didefinisikan pada beberapa langkah awalnya. Akan tetapi lain halnya dengan pertahanan moderen. Pertahanan ini bisa saja bertransposisi dari pembukaan yang diawali dengan 1.d4 atau bahkan 1.c4.

Pertahanan ini dicirikan dengan adanya gajah fianchetto di sayap raja dan kuda raja tidak berkembang lebih awal. Dengan tidak berkembangnya kuda lebih awal tersebut, maka hal tersebut sangat memungkinkan bagi hitam untuk menghindari varian Austrian Attack yang biasanya sangat tajam dan berbahaya yang selalu menjadi pilihan banyak pemain jika menghadapi pertahanan pirc. Inilah yang membedakan antara pertahanan pirc dan moderen, yaitu posisi kuda pada pembukaan.

Keunggulan terbesar dari pertahanan ini adalah flexibilitasnya. Bidak-bidaknya dapat didorong satu atau bahkan dua langkah, antara lain bidak b, bidak c, dan bidak d. Bahkan terkadang bidak e dan bidak a juga dapat didorong satu atau dua langkah ke depan. Gajah mentri dan kuda mentri pada pertahanan ini juga sangat menentukan arah permainan. Keduanya dapat berkembang ke banyak tempat dan urutan perembangan tersebut akan membuat permainan selalu berbeda.

Akan tetapi, ada kelemahan yang sangat perlu diingat. Kekurangan dari pertahanan ini adalah putih sangat leluasa dalam perkembangan perwiranya. Oleh karena itu, sebagai pemain hitam, maka wajib untuk mencari celah dan peluang secepatnya.
loading...