loading...

Pembukaan Italia / Giuoco Piano (1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3. Gc4 Gc5)

loading...
loading...
pembukaan italia

Pembukaan Giuoco Piano atau juga dikenal dengan nama pembukaan italia adalah salah satu pembukaan yang paling populer  terutama di kalangan orang yang masih baru mengenal catur. Pada awal saya mengenal dunia catur, pembukaan ini merupakan pembukaan yang paling sering saya mainkan bersama dengan teman-teman saya.

Pembukaan ini telah ada sejak abad ke-15 dan masih sering digunakan sampai saat ini. Nama Giuoco Piano sendiri berarti tenang atau dingin, yang sangat kontras dengan permainan catur saat itu yang cenderung bermain gambit dengan banyak varian-variannya. Meskipun demikian, nama ini bisa dikatakan menyesatkan karena pembukaan ini bisa bertransposisi menjadi pembukaan yang sangat tajam tergantung dari karakter dan gaya bermain orang yang memainkannya.

Apabila pemegang buah putih memiliki karakter petarung, aka ia bisa memilih Moeler attack, mencoba untuk menghancurkan petak pusat. Apabila putih lebih suka untuk melakukan manufer dan mencari posisi yang kokoh, maka ia bisa memilih untuk melangkah d3 dan c3 dan menunda melakukan  langkah yang agresif sampai babak permainan tengah (middle game).

Banyak dari pemain catur hebat dunia terkadang memilih menggunakan pembukaan ini, antara lain Vladimir Kramnik, Boris Gelfand,  vassily Ivanchuk, bahkan Garry Kasparov. Dan beberapa Grang Master seperti Kurdin menggunakan pembukaan ini dengan rutin.

Langkah ketiga hitam 3...Gc5 adalah usaha hitam untuk mempertahankan keseimbangan di petak pusat. Apabila putih berhasil untuk menguasai atau menduduki petak d4, maka hitam harus berjuang pula untuk itu. Hitam mencoba untuk menjaga keseimbangan dari pada melakukan serangan balik dengan cepat, sama seperti pada pertahanan dua kuda. Beberapa Grad Master yang merupakan spesialis daam pembukaan ini sebagai hitam adalah Karpov, Portisch, Korchnoi, dan Yasupov.
varian pembukaan italia
Varian Moeler
Varian serangan Moeler (1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3. Gc4 Gc5 4.c3 Kf6 5.d4 exd4 6.cxd4 Gb4+ 7.Kc3) adalah posisi dimana putih menawarkan bidak dan kemudian membuka jalur dan mengembangkan perwira. Hitam memiliki banyak variasi jawaban untuk langkah ini, tetapi yang dianggap terbaik adalah dengan 7...Kxe4 8.0-0  Gxc3.
pembukaan giuoco piano
Posisi setelah 8...Gxc3
Putih juga bisa memilih langkah 7.Gd2 untuk mencegah gambit yang ada pada varian serangan moeler. Akan tetapi, hal ini akan membuat permainan langsung menjadi seimbang.
Pilihan lain bagi putih adalah Varian Cracow yaitu 7.Rf1. akan tetapi, varian ini terlalu beresiko
Putih juga bisa menghindari jalur utama pembukaan italia dengan melangkah 6.e5
loading...