loading...

Pembukaan Gambit Raja (1.e4 e5 2.f4)

loading...
loading...


\Pembukaan gambit raja

Pembukaan gambit raja adalah pembukaan catur yang sudah sangat lama berkembang dan bisa dikatakan sebagai bagian dari mitologi dalam dunia catur. Selama lebih dari seratus tahun, pembukaan ini mewakili era keemasan catur yang telah hilang. Pada era keemasan dan awal-awal perkembangan catur, orang-orang masih cenderung kurang memperhatikan suatu pembukaan dengan cermat, termasuk ketika masa-masa jaya  dari pembukaan gambit raja. Akan tetapi, pembukaan ini menunjukkan angka kesuksesan yang tinggi meskipun sejarah terbaru menunjukkan bahwa pembukaan ini tidak tergolong pembukaan yang baik.
Pertengahan abad ke-19 merupakan awal dimana orang-orang mulai menyadari bahwa pada umumnya pembukaan gambit lebih cenderung tidak kokoh dan cenderung mengarah pada posisi yang merugikan daripada posisi yang menguntungkan. Pada masa itu, banyak pecatur lebih cenderung untuk memilih bermain dengan mencari keunggulan posisi dibandingkan mencari keunggulan taktik di babak pembukaan catur. Pada kejuaraan dunia catur yang pertama antara Steinnitz dan zuckerfort tahun 1886, pembukaan gambit raja telah mulai kehilangan reputasinya

abad ke-20 menunjukan bahwa reputasi pembukaan gambit raja telah tenggelam, bahkan lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya. Banyak tulisan-tulisan yang bermunculan yang menempatkan pembukaan gambit raja tenggelam dan tidak digunakan lagi terutama di level Grand Master, antara lain adalah artikel Spielman yang berjudul “from the Sickbed to the King’s gambit” diikuti oleh komentar negatif dari Jose Raul Capablanca dalam salah satu bukunya tahun 1935 yang berjudul “a primer of chess”, dan yang paling mutakhir adalah artikel dari Bobby Fischer yang berjudul “a bust to the king’s gambit” pada tahun 1960-an.

Banyak orang yang mungkin berpikir bahwa pembukaan ini telah mati dan telah kehilangan reputasinya. Apalagi dilevel warkop dan klub pun sangat-sangat-sangat jarang saya melihat orang yang menggunakan pembukaan ini. Sejak tiga tahun yang lalu, saya hanya sekali melihat orang yang menggunakan pembukaan gambit raja, bahkan pada permainan catur online.

Akan tetapi, ada beberapa fakta penting yang perlu kita ketahui bahwa beberapa pecatur hebat dunia seperti Alekhine, Keres, Fischer dan Spassky  terkadang memilih untuk menggunakan pembukaan ini.  Dua Grand Master asal inggris Joel Galagher dan Nigel Short juga pernah menggunakan pembukaan ini pada tahun 1997 di Madrid Super Tournament.

Dengan melangkahkan f4 pada langkah kedua, putih mencoba untuk mengorbankan salah satu bidaknya untuk kemudian mendominasi petak pusat dan melakukan serangan ke petak f7 dengan memanfaatkan laju f yang terbuka. Di sisi lain, putih akan sedikit mengalami masalah karena posisi rajanya ynag terbuka.

Ada 4 cara bagi hitam untuk bereaksi dengan langkah ini. Yang pertama adalah menerima dan mengambil bidak tersebut serta mempertahankan bidaknya, yang kedua adalah menerima dan mengembalikan bidaknya, yang ketiga adalah mengabaikan bidak tersebut dan yang ke empat adalah menawarkan gambit balasan.

Jika hitam memilih yang pertama, maka ia akan melangkahkan 2...exf4 dan kemudian 3...g5 untuk menyokong bidaknya di f4 dan menguasai sayap raja. 
pembukaan catur-gambit raja
3...g5, posisi paling umum pembukaan gambit raja

Jika hitam memilih langkah kedua, maka ia bisa mengembalikan bidak putih dengan 2...exf4 3.d4 d6 (pertahanan Becker). Langkah hitam ini ini mengizinkan putih untuk mengambil bidaknya di petak f4. Selain langkah 3...d6, hitam juga bisa memilih langkah 3...Ke7 dan 3...Kf6.
pembukaan catur dasar - gambit raja
Varian pertahanan Becker
 jika hitam memilih yang ketiga, maka ia bisa langsung mengembangkan perwiranya dengan 2...Gc5. putih akan kalah secara posisi jika ia melangkah 3.fxe5 karena ada langkah 3...Mh4+. menolak gambit berarti hitam bisa mencegah dari posisi yang sangat kopleks dan taktik yang berbahaya dari putih. Akan tetapi, menolak gambit juga memberikan peluang kemenangan yang baik bagi putih dibandingkan menerima gambit itu.
The King's Gambit
posisi setelah 3.Mh4+

Jika hitam memilih untuk melakukan gambit balasan, maka bisal dilakukan dengan langkah 2...d5, atau dikenal dengan nama Gambit Balasan Falkbeer. Gambit balasan ini sering kali dipilih karena alasan gaya bermain dan alasan psikologis. Dengan melakukan gambit balasan ini, maka putih yang pada awalnya berpikir untuk melakukan penyerangan akan menggunakan strategi bertahan . 
gambit raja - gambit balasan falkber
Gambit Balasan Falkber

loading...