Pembukaan Gambit Latvia (1.e4 e5 Kf3 f5 )

loading...
loading...


pembukaan gambit latvia

Pembukaan gambit Latvia adalah sebuah pembukaan yang memiliki reputasi yang cukup buruk di dunia pembukaan catur. Pembukaan ini memiliki kualita yang nyaris serupa dengan pembukaan Gambit Goering dan gambit Denmark.
Salah seorang Grand Master asal Swedia Johny Hector mengatakan bahwa  “satu-satunya hal yang baik dalam pembukaan ini adalah bahwa pembukaan gambit Latvia tidak seburuk reputasinya. Ada beberapa pilihan langkah yang membuat putih hanya memiliki kemungkinan keunggulan yang sangat sedikit.

Pembukaan gambit Latvia pertama kali tercatat pada tahun 1512 oleh Damiao dan pada saat itu dikenal dengan nama gambit balasan Greco. Pembukaan ini kemudian digunakan oleh beberapa pecatur hebat Latvia seperti Behting dan Nimzovich pada tahun 1920-an dan 1930-an. Pada saat itu, pembukaan ini banyak dimainkan pada pertandingan korespondensi karena memberikan kejutan dan posisi yang sangat kompleks.
latvian gambit variation
varian Svendorg

the latvian gambit
Posisi setelah 4...Mg5
  Disamping itu, banyak catatan pertandingan yang menggunakan pembukaan ini pada saat itu.
Pada langkah ketiga, putih akan berusaha untuk menguasai diagonal a2-g8 dengan mengembangkan gajahnya. Langkah 3.Gc4 akan diikuti dengan 3...fxe4 4.Kxe5 Mg5 merupakan posisi yang sangat mengerikan dan tajam bagi kedua pihak yang telah dianalisis oleh Paul Keres. Langkah 4...d5 atau dikenal dengan varian Svedenborg juga merupakan salah satu pilihan langkah yang cukup menarik pada pembukaan ini.
varian gambit latvia
langkah 3.d4

gambit latvia
langkah 3.exf5
 Bagi putih, langkah 3.exf5 dan 3.d4 adalah langkah yang sebaiknya dihindari. Langkah ini pun masih jarang dimainkan. Pilihan langkah terbaik bagi puth adalah 3.Kxe5. langkah ini biasanya akan diikuti dangan 3...Kc6 (langkah spekulatif) atau 3...Mf6.
Sebagai putih, pilihan terbaik untuk mengembagka perwira yang perlu untuk dipertimbangkan adalah Kc3 dan Gc2. Langkah ini bisa menjamin sedikit keunggulan bagi putih. Perlu diingat bahwa langkah ini diambil jika pada langkah ketiga hitam memilih 3...Kc6 atau 3...Mf6