Sunday, October 19, 2014

Pembukaan Gambit Goering ( 1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.d4 exd4 4.c3 )

pembukaan gambit goering
Pembukaan gambit Goering memiliki kemiripan yang cukup banyak dengan pembukaan gambit Denmark dan Pembukaan Skotlandia. Prinsip utama dari pembukaan ini adalah putih mengorbankan bidaknya untuk mengembangkan perwiranya dengan cepat. Putih akan mengembangkan gajahnhya di petak c4 vuntuk melakukan tekanan terhadap petak f7 dan berharap agar inisiatifnya membawanya pada posisi menyerang yang menguntungkan.
Dengan pengorbanannya ini, putih akan memperoleh posisi yang cukup baik. Akan tetapi pada saat yang  bersamaan posisi ini tidak memberikan keuntungan apapun. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa pembukaan ini jarang dimainkan, terutama pada level atas. Alekhine pernah menggunakan pembukaan ini, tetapi sangat jarang sekali. Hal yang samam juga dilakukan oleh Mieses dan Marshall.

Beberapa Grand master ada juga yang menggunakan pembukaan ini.tetapi hak tersebut hanya dilakukan pada permainan catur cepat dimana mengorbankan bidak untuk meraih posisi yang baik bukanlah sesuatu yang buruk dan bisa memperoleh ancaman serius dari lawan.

Ada beberapa pilihan langkah bagi hitam pada pembukaan ini. Yang pertama adalah menerima gambit tersebut dengan memakan bidak c3. Permainan akan diteruskan dengan 4...dxc3 5.Kxc3 Gb4. Atau 5...d6. pada pilihan langkah kelima terkadang putih lebih memilih mengembangkan perwira dengan 5.Gc4 sehingga mengorbankan dua bidaknya. Posisi ini sama dengan posisi pada pembukaan gambit Denmark.
goering gambit
posisi setelah Kxc3 akan diikuti Gb4
pembukaan gambit goering
jika hitam ingin menolak bidak gambit
Jika ingin menolak gambit itu, maka hal itu dinggap lebih aman. Hitam bisa memilih untuk mendorong bidak dengan  4...d3, langkah ini hanya akan memberikan putih keunggulan yang tipis. 4...Kf6 akan membuat posisi menjadi lebih kompleks dan tidak jelas bagi kedua pihak dan 4...d5 akan membuat posisi yang imbang favorit Capablanca.
varian gambit goering
Posisi setelah 4...d5

cara memainkan gambit goering
posisi setelah 4...Kf6
Pembukaan Gambit Goering pada umumnya  akan mengahsilkan posisi yang seimbang antara kedua belah pihak. Hal ini menyebabkan pembukaan ini menjadi salah satu pembukaan yang kurang populer dan masih jarang dimainkan.
Previous Post
Next Post