Pembukaan Ponziani ( 1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.c3 )

loading...
loading...
pembukaan ponziani

Pembukaan punziani adalah sallah satu contoh pembukaan yang sangat menekankan pada penguasaan petak pusat. Langkah ketiga putih bertujuan sebagai enyokong jika putih nantinya akn mendorong d4. Langkah ini sebenarnya telah sesuai dengan prinsip utama pembukaan catur yaitu menguasai petak pusat. Akan tetapi, kelemahan dari langkah ini adalah perwira putih yang akan kurang mobilitas dalam perkembangannya.
Rencana putih untuk mendorong bidak dengan cepat pada langkah ketiga tersebut adalah langkah yang sangat sederhana sehingga hitam akan mudah mencapai keseimbangan posisi dalam pembukaan ini tanpa mengalami banyak masalah. Dalam pembukaan ini, hitam memiliki banyak peluang untuk melakukan serangan balik. Hal inilah yang mengakibatkan pembukaan ini jaranng dimainkan di level turnamen.

Pada abad ke-19, pembukaan ini adalah pembukaan yang cukup populer. Akan tetapi, pada era moderen pembukaan ini telah jarang digunakan bahkan pada level kelas bawah. Pembukaan ini hanya digunakan sebagai kejutan untuk lawan. Pecataur kelas dunia yang pernah menggunakan pembukaan ini antara lain Hector dan Velminoric.

Pada langkah ketiga, hitam memiliki beberapa pilihan langkah, antara lain 3...d5, 3...Kf6, dan 3...Kd7. Langkah 3...d5 adalah langkah paling normal yang bisa dipilih oleh hitam. Langkah 3...Kf6 adalah langkah yang paling cepat membuat hitam meraih posisi seimbang pada pembukaan ini. Langkah 3...Kd7 adalah salah satu alternatif lain yang bisa dipilih oleh hitam.

Ada beberapa cara bagi hitam untuk melakukan serangan balik lada pembukaan ini yaitu:

1. 3...Kf6 4.d4 Kxe4, langkah ini membuka jalan bagi hitam untuk meraih posisi seimbang dengan mudah.

varian pembukaan ponziani

2. 4...d5, memaksa terjadinya pertukaran di petak pusat
cara bermain pembukaan ponziani

3. 3...d5, akan membawa permainan ke posisi yang sangat tajam. Umumnya diikuti dengan 4.Ma4. hitam bisa memilih apakah mengorbankan materi dengan 4...Kf6 atau memperkuat pusat dengan 4...f6. kedua pilihan itu adalah pilihan yang cukup solid untuk menyeimbagkan posisi. Langkah lain yang bisa dipilih putih adalah 4.Gb5 yang memberikan kesempatan yang sama pada kedua belah pihak.
varian pembukaan ponziani
Langkah 3...d5

ponziani opening

how to play ponziani opening

loading...