Pembukaan Skotlandia (1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.d4 exd4)

loading...
loading...
pembukaan skotlandia

Pembukaan Skotlandia adalah pembukaan yang cukup jarang dimainkan pada turnamen dan kejuaraan besar di era moderen. Pembukaan ini dinamakan sebagai perayaan dari pertandingan korespondensi antara London dan Edinburgh pada tahun 1824. Pembukaan ini adalah salah satu pembukaan yang populer pada abad ke-19 yang kemudian mulai ditinggalkan menjelang abad ke-20.

 Meskipun demikian, pembukaan ini telah mulai dihidupkan kembali dan kembali populer. Garry Kasparov adalah pecatur yang paling berpengaruh terhadap hal ini. Kasparov menggunakan pembukaan ini tiga kali pada kejuaraan dunia tahun 1990, 1993 dan tahun 1995. Hal ini mendorong beberapa grand master lainnya untuk menggunakan pembukaan ini dalam pemainan mereka.

Langkah ketiga putih 3.d4 memaksa hitam untuk menyerahkan petak pusat dengan 3...exd4  4.Kxd4. hitam kemudian harus memutuskan apakah harus menyerang bidak e dengan 4...Kf6 atau 4...Mh4 atau mengembangkan perwira dengan 4...Gc5 atau langkah lainnya. ketiga langkah yang disebutkan diatas adalah langkah yang paling tepat dan dianggap terbaik.

Dengan langkah 4...Kf6, maka hitam akan mencapai posisi keseimbangan yang lebih mudah. Varian ini merupakan varian yang biasanya dipilih banyak pemain. Permainan ini kemudian akan dilanjutkan dengan langkah 5.Kc3 Gb4. Hitam melakukan pin terhadap kuda putih. Pada langkah ke 8 varian ini, hitam akan memiliki bidak di petak d5. Biasanya pada varian ini akan terjadi pertukaran anara gajah putih dengan kuda hitam di petak f6 sehingga pada babak ending hitam akan memiliki dua gajah.

strategi pembukaan catur skotlandia
Dengan langkah 4...Mh4, maka putih akan memiliki posisi yang lebih baik dengan mengobankan satu bidaknya. Langkah ini dianggap lemah bagi hitam, tetapi merupakan pilihan yang baik.

cara bermain pembukaan skotlandia

Dengan langkah 4...Gc5, maka hitam memiliki kualitas posisi yang sama baiknya dengan langkah 4...Kf6.
scocth game

loading...