Pembukaan tengah ( center game ) (1.e4 e5 2.d4 exd4 3.Mxd4 )

loading...
pembukaan tengah

Pembukaan tengah memiliki prinsip yang serupa denganpembukaan gambit raja dimana putih burtujuan untuk mengeliminasi bidak e5 hitam.  Pembukaan ini termasuk dalam pembukaan yang cukup logis dan merupakan salah satu embukaan yang cukup lama. Akan tetapi, dampak dari pembukaan ini adalah perkembangan mentri yang kepagian sehingga pembukaan ini dikatakan sebagai pembukaan yang melanggar prinsip utama dalam pembukaan catur yaitu tidak mengeluarkan mentri telalu awal. Putih menyebabkan hitam menang tempo sehingga memungkinkan untuk menguasai pusat dengan cepat.
 Meskipun melanggar prinsip catur moderen tersebut, pembukaan ini telah membuat beberapa pecatur hebat seperti Spielmann, Mieses dan Tertakower menjadi juara. Pembukaan ini adalah pembukaan yang jarang dimainkan di level turnamen pada saat ini.

Pembukaan ini memberikan peluang yang sangat besar kepada hitam untuk berkembang, sehingga menjamin hitam untuk memperoleh posisi yang seimbang, bahkan lebih. Setelah langkah 3...Kc6 4.Me3, hitam memiliki tiga pilihan langkah, yaitu 4...Kf6, 4...Gb4+ dan 4...g6.
chess center game
lajur utama pembukaan center game
Lajur utama dalam pembukaan ini adalah 3...Kc6 4.Me3 Kf6 5.Kc3 Gb4 6.Gd2 0-0 7.0-0-0 Be8. Pilihan utih untuk melakukan rokade panjang sehingga menghasilkan rokade berlawanan yang sangat tajam dan berbahaya. Setelah langkah kedelapan 8.Mg3, hitam bisa memilih langkah 8...Bxe4 atau yang paling konservatif dan merupakan faforit Anatoly Karpov 8...d6.
Langkah 4...g6 cocok jika hitam inginmenguasai petak pusat dari sayap. Langkah 5...Ge7 merupakan langkah simpel jika hitam ingin segera mencapai keseimbangan.
center game
posisi setelah 4...g6

center game variation
posisi setelah 5...Ge7
Putih juga bisa memainkan 5.e5 jika ingn menghindari lajur utama pembukaan ini, atau bisa memainkan 4.Ma4, yang mirip dengan pertahanan Skandinavia tetapi putih menang satu tempo.
cara memainkan pembukaan catur tengah
posisi setelah 4.Ma4

Jika ingin menghindari jalur utama pada pembukaan ini, maka putih bisa pyula memilih untuk mengembangkan permainan ini menjadi pembukaan gambit Denamar yang merupakan favorit dari Frank Marshall.

Perlu diketahui bahwa banyak yang beripikir pembukaan ini telah ditinggalkan pada abad ke-19 meskipun Mieses sukses menggunakan pembukaan ini melawan Capablanca. Pada akhir abad ke-20, beberapa grand master dari negara-negara bekas Uni Sovyet menggunakan pembukaan ini dan meraih kesuksesan.
loading...