13 Pertahanan Catur Unik Terbaik Bagi Hitam Dengan 1.e4

loading...
loading...
modern defense rosolimo variation
Pertahanan Moderen varian Rosolimo

Pada babak-babak awal pembukaan catur, pada umumnya orang-orang yang telah memiliki pengetahuan dan teori yang cukup baik akan menggunakan pembukaan-pembukaan catur maupun pertahanan-pertahanan yang sudah mainstream. Akan tetapi, ada beberapa pembukaan yang sebenarnya cukup mainstream tapi dimasukkan  dalam daftar “unorthodox chess opening” oleh Eric Schiller dan Joel Benjamin. Beberapa pertahanan yang tergolong unik antara lain:
  1. Pertahanan Moderen varian Rosolimo ( 1.e4 g6 2.d4 Gg7 3.c4 d6 4.Kf3 Gg4!?), bentuk bangunan seperti ini lebih umum anda temukan pada pertahanan Wade (akan dibahas pada tulisan lainnya). Ide pertahanan ini sangat sederhana, yaitu melakukan pinning terhadap Mentri di d1.
  2. Pterodactyl ( 1.e4 d6 2.d4 Gg7 3.c4 d6 4.Kc3 c5 5.Kf3 Ma5 ), dari namanya saja,pertahanan ini sudah terdengar sangat ganas. Oleh karena itu, bisa anda masukkan dalam daftar salah satu pertahanan yang akan anda gunakan. Tujuan dari pertahanan ini adalah memberikan tekanan sejak awal terhadap petak hitam.
  3. Pertahanan Moderen varian Randspringer ( 1.e4 g6 2.d4 Gg7 3.c4 d6 4.Kc3 f5 ), karakteristik dari pertahanan ini bukan hanya bidak f yang didorong, tapi juga posisi kuda yang bertengger disisi papan.
  4. Franco-Benoni ( 1.e4 e6 2.d4 c5 3.d5 ), pertahanan ini hampir mirip dengan pertahanan Benoni, hanya saja tanpa c4 di awal permainan. 
  5. Pertahanan St. George,  pertahanan ini memiliki dua ciri langkah awal, yaitu ditandai dengan langkah 1.e4 a6 2.d4 b5 sehingga mirip dengan pembukaan orang utan, tetapi bagi hitam. Ciri lainnya yaitu 1.e4 c6 2.d4 a6.
  6. Pertahanan Owen ( 1.e4 b6 ) , pertahanan ini sebenarnya cukup mainstream saat ini, terutama di kalangan orang-orang yang baru belajar bermain catur. Pertahanan ini cukup bisa ditemukan terutama di level warkop.
  7. Pertahanan Nimzovitch ( 1.e4 Kc6 ), memiliki kemiripan dengan pertahanan Alekhine. Hanya saja reputasinya tidak sehebat pertahanan Alekhine sehingga hanya digunakan sebagai pertahanan  “hura-hura”.
  8. Gambit Skandinavia ( 1.e4 d5 2.exd4 Kf6 ), di dalam buku Nun’s Chess Opening, pembukaan ini dimasukkan sebagai bagian dari pertahanan Skandinavia. Hitam mengorbankan salah satu bidaknya untuk melakukan tekanan.
  9. Pertahanan Brooklyn ( 1.e4 Kf6 2.e5 Kg8 ), langkah ini terlihat sangat konyol bukan? Akan tetapi, langkah ini tidak se”bodoh” yang terlihat. Langkah ini bisa menjadi salah satu pilihan anda jika sedang bosan memainkan pertahanan alekhine.
  10. Pertahanan Caro-Kann varian Edinburgh (1.e4 c6 2.d4 d5 3.Kd2 Mb6!? ), merupakan salah satu varian yang sangat jarang anda temukan pada varian pertahanan Caro-Kann umumnya.
  11. Pertahanan Caro-Kann baru ( 1.e4 c6 2.d4 d5 3. Kd2 g6 ), pertahanan ini merupakan salah satu langkah yang bisa anda pilih sebagai hitam jika anda ingin menghindari pertahanan caro-Kann yang umum. Pertahanan ini memiliki kemiripan dengan pertahanan Gurgenize.
  12. Pertahanan Gurgenidze (1.e4 c6 2.d4 d5 3. Kc3 g6 ), ide dari pertahanan ini sangat sederhana, dimana hitam berusaha untuk melepaskan gajah putihnya dan membuat gajah fianchetto di petak g7.
  13. Pertahanan Perancis : extended Bishop Swap (1.e4 e6 2.d4 d5 3.e5 Gd7), merupakan pertahanan yang sederhana. Ide utama hita adalah melakukan pertukaran gajah sejak awal.
Jadi, apakah anda telah memilih salah satu pertahanan di atas sebagai alternatif untuk melakukan serangan mental terhadap lawan anda?
loading...