Pembukaan catur unik bagi putih dengan 1.d4 yang perlu dihindari

loading...
pembukaan catur unik bagi putih
Gedult Attack

Anda sedang duduk di kursi empuk sambil menikmati minuman anda. Di sisi lain, anda melihat semua pecatur telah memiliki lawan tanding. Mereka telah mulai mengeluarkan semua kemampuanya dan anda bisa melihat bagaimana mereka berpikir keras. Bagaimana keringat mereka langsung mengalir deras padahal permainan baru saja dimulai.
Anda menunggu sambil terus melihat jam tangan anda  dan berharap lawan anda tidak akan memunculkan batang hidungnya. Tiba-tiba, seorang datang dan langsung duduk di depan anda. Ia kemudian mengeluarkan catur tua  andalannya. Dari papan catur tua itu anda menilai bahwa ia adalah seorang veteran di dunia catur.

Ia kemudian menjabat tangan anda, sambil menyusun bidak-bidak catur yang kelihatan telah seumur dengan dirinya anda merasa bahwa ia akan menjadi lawan yang sangat berbahaya. Tanpa anda sadari, tiba-tiba ia langsung saja melangkah.

Dari langkah pertamanya, 1.d4 anda langsung menarik kesimpulan bahwa ia adalah pecatur tangguh.  Anda kemudian membalas langkah itu dengan 1...Kf6, sambil menunggu kemungkinan untuk memainkan pertahanan Hindia-Nimzo ataupun Hindia Mentri. Anda merasa sangat nyaman dengan posisi itu, karena anda bisa menghindari pertahanan Sisilia yang sangat tajam dan sangat anda takuti.

Tiba-tiba, sesuatu yang sangat tidak terduga terjadi. Ia mendorong bidak g-nya dua langkah ke petak g4. Panik? Mungkin itu yang anda rasakan? Anda mungkin akan berpikir “apa yang harus saya lakukan?”  anda berpikir bahwa persiapan yang telah  anda selama ini tidak akan berguna meghadapi pembukaan ini.

Hal ini bisa saja terjadi kan?

Pada umumnya, pecatur baru akan merasa takut menghadapi sebuah bentuk bangunan yang baru dan tidak pernah ia lihat sebelumnya. Akan tetapi, jika kita bisa paham prinsip dasar permainan catur dengan baik, maka hal itu hanya perlu diabaikan saja.
Berikut ini adalah beberapa langkah pembukaan catur unik yang perlu anda ketahui dan tidak perlu panik jika menghadapi pembukaan ini sebagai pemegang buah hitam, karena pembukaan ini memiliki reputasi yang tidak cukup baik.

1. Serangan Gedult ( 1.d4 Kf6 2.f3 d5 3.g4 )

Pembukaan ini tidak memiliki keunggulan sama sekali bagi putih. Posisi bidak di sayap raja yang terbuka menyebabkan sayap raja akan menjadi sasaran empuk serangan hitam. Hitam bisa mengeksploitasi lajur e1-h4 yang terbuka dengan seksinya mengajak anda untuk mengobrak-abrik posisi raja. Bisa dipastikan, putih akan tersiksa sepanjang permainan.

2. Gambit Bronstein ( 1.d4 Kf6 2.g4 )

Posisi ini adalah seperti cerita di atas. Jika anda panik karena selama ini selalu menghafal pembukaan dan tidak mendalami prinsip catur, maka anda tidak akan berani mengambil bidak g yang diberikan secara cuma-cuma oleh putih. Biasanya, yang panik mengahdapi posisi seperti ini hanyalah pemula. Tips yang bisa saya bagikan jika mengahdapi pembukaan semacam ini, maka bermainlah sesuai dengan prinsip pembukaan.

Anda tidak akan mungkin langsung dicheckmate jika mengambil bidak gratis.

Itulah dua pembukaan dengan 1.d4 yang perlu anda hindari. Kalaupun anda ingin menjadikan pembukaan itu sebagai pembukaan hiburan atau sekedar bersenang-senang, maka anda harus ingat kata-kata dari banyak ecatur hebat yaitu jangan pernah memandang remeh lawan anda.
loading...