6 Pembukaan Catur Terunik bagi Putih dengan 1.d4

loading...
loading...

Dalam daftar ini, hanya ada sedikit pembukaan unuk bagi putih yang dimulai dengan 1.d4. hal ini disebabkan beberapa pembukaan yang seharusnya bisa dimasukkan dalam daftar ini sekarang telah tenar dan sering digunakan.

Adapun beberapa pembukaan catur terunik bagi putih dengan 1.d4 yang bisa anda pilih dalam daftar ini adalah sebagai berikut:
  1. Sistem Yasupov-Rubinstein ( 1.d4 Kf6 2.Kf3 e6 3.e3 ), pembukaan ini bisa dikatakan merupakn kerabat dekat pembukaan Colle. Memiliki bentuk bangunan dan ide dasar yang hampir mirip dan sama-sama dianggap “membosankan” oleh beberapa teman saya. Mungkin juga oleh banyak orang. Pembukaan ini pertama kali dimainkan oleh rubinstein,akan tetapi GM Yasupov-lah yang membuatnya menjadi salah satu senjata yang umum.
  2. Pertahanan Belanda varian serangan Korchnoi ( 1.d4 f5 2.h3 ), merupakan salah satu pembukaan yang sangat brilian yang dibuat oleh seorang grandmaster kreatif. Dengan langkah ini, putih akan melakukan dorongan bidak g4 untuk meluncurkan seerangan pada pertahanan hitam.
  3. Pembukaan Colle, pembukaan ini ditandai dengan langkah 1.d4 ,2.Kf3, 3.e3. pembukaan ini tidak bergantung pada jawaban hitam. Putih akan memilih langkah diatas untuk membentuk bangunannya. Pembukaan ini cukup berbahaya, hanya saja saat ini telah dilupakan karena kekurangan pendukung di level tinggi.
  4. Anti Gruenfeld system ( 1.d4 Kf6 2.c4 g6 3.f3 ). Anda bisa memilih langkah ini jika ingin menghindari varian utama gruenfeld yang terkenal tajam dan berbahaya. Meskipun demikian, perlu diwaspadai bahwa langkah ini akan melemahkan medan tengah putih.
  5. Seirawan attack ( 1.d4 Kf6 2.c4 e6 3.Gg5 ), merupakan pembukaan yang tidak jelas karena tidak ada didalam daftar ensiklopedi pembukaan catur. Pertahanan ini diambil dari nama salah satu grand master asal amerika, yaser seirawan. Jika dilihat dari bentuk bangunannya, pembukaan ini bisa bertransposisi menjadi pertahanan Hindia-Nimzo varian Leningrad.
  6. Serangan Mengarini ( 1.d4 Kf6 2.c4 g6 3.Mc2 ), pembukaan ini cukup baik digunakan untuk memberikan tekanan mental pada pemain hyang menyukai pembukaan Gruenfeld. Jika anda beruntung, maka anda akan membuat lawan anda langsung berpikir pada langkah ketiga anda ini.
 Itulah, beberapa pembukaan catur unik yang berkembang dari sayap mentri yang bisa and apertimbangkan untuk dimasukkan dalam daftar pembukaan catur anda. Mungkin anda teratrik untuk memilih salah satunya.
loading...