9 Pembukaan Catur Unik Bagi Putih Dengan 1.e4

loading...
pembukaan catur
Marshal Gambit

Masih meruakan bagian dari buku unorthodox chess opening-nya Eric Schiller dan Joel benyamin, maka kali ini saya akan membahasa dan memeberikan sedikit ulasan mengenai pembukaan unik bagi putih. Beberapa pembukaan di bawah ini sebenarnya hanya merupakan pengembangan dari pembukaan-pembukaan catur dan pertahanan-pertahanan catur yang telah populer dan memiliki reputasi cukup tinggi.
Hanya saja, dalam daftar pembukaan ini menyajikan varian-varian yang masih jarang dikenal oleh pecinta catur pada umumnya. Beberapa pembukaan-pembukaan catur unik tersebut adalah : 
  1. Pertahanan Nimzovitch varian Marshall Gambit (1.e4 Kc6 2.d4 d5 3.exd4 Mxd4 4.Kc3!? ). Pada langkah keempat, putih memilih langkah yang sangat menarik. Mengorbankan bidak d-nya untuk kemudian mengembangkan perwira. Putih tidak akan melakukan pertukaran mentri terlalu awal pada pembukaan ini.
  2. Pertahanan Caro-Kann varian Goldman ( 1.e4 c6 2.Kc3 d5 3.Mf3). langkah ini sangat menarik, mengingat hitam mencegah gajah c8 untuk berkembang. Partai-artai dengan pertahanan ini bsa menghasilkan kombinasi-kombinasi yang cantik.
  3. Slow Sicilian ( 1.e4 c5 2.Ge2 ), pertama yang harus and a ketahui dari pembukaan ini adalah bahwa anda tidak akan pernah menemjukan pembukaan ini dalam Encyclopedia of Chess Opening (ECO). Putih akan berkembang dengan lambat, tidak seperti pada varian pertahanan Sisilia umumnya dimana akan mengahsilkan kombinasi-kombinasi mengerikan. Bisa dikatakan bahwa orang yang menggunakan pembukaan ini adalah orang-orang yang tidak paham teori. Tetapi, anda bisa menggunakan ini jika telah mengananlisanya dengan baik.
  4. Sisilia Bunglon. Dari namanya saja sudah terdengar sangat aneh ya? Umumnya kita hanya mendengarkan sisilia naga, ternyata ada juga hewan lain yang namanya masuk dalam varian pembukaan Sisilia. Pembukaan ini sama seperti pembukaan lainnya di atas yang merupakan anti dari pembukaan yang mainstream. Dalam hal ini, pembukaan sisilia bunglon adalah pembukaan anti-Pertahanan Sisilia. Pembukaan ini ditandai dengan langkah 1.e4 c5 2.Ke2 dengan 3.Kbc3 atau juga dengan langkah 1.e4 c5 2.Kc3 Kc6 3.Kge2.
  5. Pertahanan Perancis varian Philidor terbalik ( 1.e4 e6 2.d3 d5 3.Kd2 Kf6 4.Kgf3 Kc6 5.Ge2 ) . pernahkah anda mempelajari pertahanan Philidor? Jika belum, baca dulu artikel yang berjudul pertahanan Philidor. Pada pertahanan Perancis Varian ini, bentuk bangunannya sangat mirip dengan pertahanan Philidor hanya saja posisi sayap yang terbuka berbeda. Pada pertahanan Philidor, kuda gajah f hitam akan bertahan sedangkan pada varian ini gajah c hitam yang akan bertahan. Hal ini akibat putih menghindari jalur utama pertahanan Perancis yang dianggap terlalu berpeluang menghasilkan remis.
  6. Pertahanan Perancis varian Dua Kuda (1.e4 e6 2. Kc3 d5 3.Kf3 ). Sama seperti kembarannya (pertahanan Caro-Kann), pertahanan Perancis juga memiliki varian dua kuda. Ide utama dari varian ini adalah menghindari mendorong d4 karena akan bertransposisi ke pertahanan Perancis varian Winawer. Jadi, jika anda tidak menyukai menghadapi varian winawer, maka varian ini bisa menjadi alternatif pilihan anda.  
  7. Pertahanan Perancis varian Chigorin ( 1.e4 e6 2.Me2 ) lagi-lagi, salah satu cara untuk menghindari jalur utama pertahanan Perancis. Seburuk itukah pertahanan Perancis hingga banyak yang mencoba untuk menghindarinya? Varian ini pertama kali diperkenalkan oleh salah satu pecatur terhebat Rusia, Chigorin. Akan tetapi, saat ini, varian ini telah disepelekan sehingga tidak pernah dipelajari lagi. Jadi, jika anda berani menggunakan pertahanan ini pada kejuaraan catur level atas, maka anda akan memberikan efek kejut yang sangat besar pada lawan.
  8. Gambit Cochrane ( 1.e4 e5 2.Kf3 Kf6 3.Kxe5 d6 4.Kxf7 Rxf7 5.d4). Salah satu langkah cukup berani yang dipilih oleh putih. Pada edisi pertama Encyclopedia of Chess opening, langkah kelima putih adalah 5.Gd4+. anda mungkin bisa mengembangkan langkah ini dan mencobanya pada game online ataupu level warkop.
  9. Pembukaan Taylor ( 1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.Ge2 ). Pembukaan ini juga dikenal dengan nama “inverted Hanham”. Pembukaan ini sangat dikenal terutama ketika dimainkan oleh Tertakower melawan Bogoljubov  pada tahun 1922 di London.

Itulah beberapa pembukaan catur unik yang bisa anda mainkan. Tidak semua pembukaan di atas cocok untuk anda. Oleh karena itu, maka anda harus memilih yang paling sesuai dengan karakter anda.

Perlu juga anda ketahui bahwa yang namanya pertahanan catur bukan berarti hanya dipelajari oleh hitam saja. Putih juga bisa mempelajarinya dan mencari cara-cara baru untuk mengatasinya.
loading...