4 Pembukaan catur unik bagi putih yang perlu dihindari bagian 2

loading...
pembukaan catur yang harus dihindari


Sebelumnya, saya telah menulis tentang pembukaan catur unik yang perlu dihindari bagian pertama. Jika belum membacanya, maka anda bisa membacanya sekarang di sini:

Pembukaan catur unik yang harus dihindari

Sudah baca?

Saya akan memberikan sedikit penjelasan. Pada artikel pembukaan catur unik yang perlu dihindari putih bagian pertama, putih tidak memilih menggunakan langkah dengan bidak pusat ( bidak d atau e ). Pada postingan kali ini,putih memilih langkah 1.e4. akan tetapi, varian langkah putih berikutnya sangat dianjurkan untuk dihindari karena hanya akan membawa nada dalam kehancuran.

Langsung saja ke topik, berikut adalh beberapa pembukaan yang perlu anda hindari:

1.    Pertahanan Nimzovitch varian gambit wheler ( 1.e4 Kc4 2.b4 Kxb4 3.c3 Kc6 4.d4 )

Putih mengorbankan bidak b-nya dengan sia-sia. Berbeda dengan gambit Evans dimana putih bisa menghasilkan keunggulan posisi setelah mengorbankan bidak b. Anda bisa membaca artikel tentang pembukaan Gambit evans di blog ini. Seharusnya putih bisa lebih bijak memilih langkah lain, dibandingkan melakuakn pengorbanan sia-sia ini.

2.    Pertahanan sisilia varian gambit sayap ( 1.e4 c5 2.b4 )

Varian ini pasti tidak akan anda temukan di buku-buku tentang pembukaan catur yang sudah terkenal seperti Nuns Chess Opening. Varian ini pernah ditulis oleh Hurt. Tetapi, jika anda tertarik maka anda bisa menganalisis pembukaan ini mengingat putih hanya akan melemahkan sayap mentrinya, tetapi disisi lain putih akan memiliki medan tengah yang cukup baik.

3.    Gambit Lewis ( 1.e4 e5 2. Gc4 Gc5 3.d4 )

Pada awalnya, gambit ini agak memiliki kemiripan dengan pembukaan gajah raja. Akan tetapi, kita bisa melihat bahwa  putih mengorbankan bidak d-nya. Pembukaan ini pertama kali dikembangkan olehWilliam Lewis ( 1787-1870 ), yang merupakan salah satu pecatur terkua di masanya.

4.    Gambit balasan Zhuravlev ( 1.e4 e5 2.Kc3 Gb4!? 3.Mg4?! )

Bentuk bangunan pada pembukaan ini cukup unik, terutama bagi saya yang merupakan penggemar Vienna game. Saya sering menghadapi langkah 2...Gb4!? ketika menggunakan pembukaan Vienna di chess.com. akan tetapi, saya belum pernah mencoba langkah ketiga putih di atas. Dilihat dari bentuknya, langkah ini akan membuat putih sedikit tersiksa.

Itulah beberapa langkah unik yang sebaiknya anda hindari. Anda bisa menggunakannya jika ingin mengujin kemampuan anda menghadapi tekanan. Belajar bermain catur itu kan bukan hanya tentang bagaimana meraih kemenangan dari partai kemenangan, tetapi juga bagaimana belajar menghadapi kekalahan dan belajar untuk menang dari kekalahan.

Jangan lupa, baca juga artikel lainnya di blog ini untuk menambah pengetahuan anda tentang strategi bermain catur terutama tentang pembukaan catur aneh yang saat ini belum pernah anda dengar ataupun mainkan karena kesibukan anda. 
loading...