11 Pembukaan Catur Unik Yang Harus Anda Hindari

loading...
loading...
pembukaan catur unik
Hammerschlag

Terkadang, sebagai pemula yang baru mengenal catur kita begitu menggebu-gebu untuk bisa menguasai banyak pembukaan catur sekaligus. Kita tidak pernah peduli apakah itu termasuk embukaan catur yang berkualitas baik ataupun berkualitas buruk. Kita hanya ingin melampiaskan rasa dahaga kita akan ilmu catur.
Akan tetapi, ada beberapa pembukaan catur unik yang harus anda hindari. Pembukaan-pembukaan catur ini hanya akan membawa anda ke dalam kesulitan yang sangat mengerikan dan tersiksa sepanjang permainan. Adapun beberapa pembukaan itu adalah sebagai berikut:

1.    Pembukaan Hammerschlag ( 1.f3 e5 2.Rf2 )

Langkah kedua putih tersebut terlihat sangat konyol bukan? Begitu banyak aturan dan strategi serta prinsip dasar pembukaan yang dilanggar. Raja tidak melakukan rokade, bidak f yang hanya melemahkan sayap raja, bidak e yang pasiv dan tidak melakukan penguasaan petak pusat, dan lain-lain. Untuk itu, anda perlu membaca artikel yang berjudul Prinsip dasar pembukaan catur.

2.    Pembukaan Anderspike ( 1.a3 g6 2.g4 )

Pembukaan Anderspike juga memiliki bentuk yang sangat aneh. Entah apa rencana putih ada pembukaan ini. pembukaan ini melanggar prinsip utama pembukaan catur yaitu penguasaan petak pusat.

3.    Grob attack ( 1.g4 )

Strategi dasar dari pembukaan ini sebenarnya cukup sederhana. Putih mencoba untuk membuka lajur a1-h8 untuk meletakkan gajahnya di petak g2. Putih akan langsung menyokong bidak g4 dengan mendorong bidak ke h3.

4.    Gambit Paris ( 1.Kh3 d5 2.g3 e5 3.f4 Gxh3 4.Gxh3 exf )

Salah satu jenis gambit yang mungkin belum pernah anda dengar bukan? Strategi putih sangat mengerikan. Mengorbankan bidaknya tanpa keuntungan apapun. Oleh karena itu, pembukaan ini termasuk yang perlu anda hindari.

5.    Dunst varian gambit ( 1.Kc3d5 2.e4 dxe 3.d3 )

Pembukaan dunst (1.Kc3) sebenarnya memiliki peluang yang cukup baik. Akan tetapi, varian gambit ini perlu anda hindari karena hanya akan membuat anda tertekan sepanjang permainan.

6.    Pawn Thrust Attack (1.f4 Kf6 2.b4 )

Pembukaan yang cukup aneh mengingat langkah-lagkah yang diambil oleh putih hanya akan melemahkan struktur bidaknya. Pembukaan ini adalah salah satu contoh mengapa anda tidak boleh mendorong bidak terlalu jauh pada babak pembukaan catur karena lawan anda bisa saja melakukan serangan pada kedua bidak ini sekaligus.

7.    Gambit Prokofiev ( 1.f4 d5 2.e4 dxe 3.d3 )

Pembukaan ini akan dilanjutkan dengan langkah 3...Kf6 4. Kc3 Gb4!. Sebuah langkah yang sangat mengerikan dan sangat menyiksa putih.

8.    Gambit Pirc-Lisitsin ( 1.Kf3 f5 2.e4 )

Petih mengambila langkah yang sangat riskan. Mengorbankan bidak tanpa ada konpensasi dan keuntungan yang signifikan yang ddidapatkan, melainkan hanya kerugian.

9.    Gambit Tennison ( 1.Kf3 d5 2.e4 )

Berdasarkan Ensiclopedia of Chess Opening, pembukaan ini sangat menguntungkan bagi hitam meskipun putih pernahberhasil meraih keunggulan pada pertarungan antara Ermenkov-Bonchev di Bulgarian tahun 1970.

10.    English spike ( 1.c4 f5 2.g4 )

Dari bentuk bangunanya saja, kita bisa melihat bahwa gambit ini tidak memiliki keistimewaan sama sekali. Bahkan saya tidak pernah melihat pembukaan dimainkan di Chess.com maupun chesscube. Bahkan oleh game-game catur yang dimainkan di komputer berpentium rendah.

11.    English Queen ( 1.c4 e5 2.Ma4 )

Mentri yang keluar terlalu awal menjadi masalah pada pembukaan ini. meskipin tidak terancam, langkah ini membuka peluang bagi hitam untuk melakuakan perkembangan tanpa kendala dan pada akhirnya bisa mendorong d5 dengan aman. Pada akhirnya, mentri putih nanti akan melakukan langkah-langkah yang hanya membuang-buang waktu saja.

Itulah beberapa pembukaan-pembukaan yang sudah sepatutnya anda hindari karena tidak akan memberikan anda keuntungan apapun. Terlalu banyak rin sip dasar dalam pembukaan catur yang dilanggar oleh pembukaan-pembukaan di atas. Oleh karena itu, maka sudah sepantasnya and mempelajari dan membaca artikel : 7 Prinsip-prinsip dasar dalam pembukaan catur.
loading...