Wednesday, January 28, 2015

4 Pertahanan catur unik bagi hitam yang wajib dihindari

pembukaan catur langka
Hippopotamus

Saya teringat, ketika pertama kali mengenal catur. Saya sama sekali tidak mengerti tentang teori pembukaan catur. Saya percaya bahwa pemain catur hebat memiliki kemampuan untuk menghitung “rumus-rumus” kemenangan.

Ketika itu, saya masih duduk di kelas 4 sekolah dasar.  Dalam 100 kali permainan dengan seorang sepupu saya, saya kalah 99 kali dan sekali remis. Saya selalu fokus bagaimana mengatur posisi bidak bukannya pada pengembangan perwira.

Setelah hampir  sepuluh tahun kemudian, saya akhirnya bisa mengenal catur dengan  sedikit baik setelah memasuki salah satu organisasi catur di kampus. Dari situ, saya akhirnya paham bahwa catur tidak memiliki rumus paten. Yang ada hanyalah teori-teori yang telah dikembangkan dan dibukukan.

Itulah sedikit nostalgia masa lalu saya tentang strategi bermain catur yang benar.

Kembali ke topik. Pada postingan ini saya akan membahas pembukaan unik yang harus anda hindari jika anda menggunakan buah catur hitam ketika bermain catur. Pertahanan-pertahanan itu adalah sebagai berikut.

1.    Hippopotamus

Dalam bahasa Inggris, hippopotamus berarti kuda nil. Tidak ada langkah khas yang menunjukkan pembukaan ini. ciri paling utama dari pembukaan ini adalah hitam mendorong bidaknya dengan posisi ...g6,...f6,...e6,...d6. anda bisa melihatnya pada gambar di bawah ini. jadi, apapun langkah putih yang dilakukan oleh hitam hanyalah mendorong bidak-bidak tersebut satu per saqtu.

2.    Gambit Herrstroem ( 1.Kf3 g5 )

Langkah ini adalah langkah yang sangat aneh, Mengingat hitam tidak memperoleh keuntungan apapun dengan menyerahkan bidak g-nya. Bisa dikatakan bahwa usaha pengembangan perwira yang dialkukan oleh hitam dalah usaha yang gagal dan sia-sia.

3.    Gambit Hobbs ( 1.f4 g5 ?)

Pembukaan ini hanya akan membuat anda sebagai pemegang buah hitam tersiksa habis-habisan. Tekanan yang terlalu besar yang dilakukan oleh putih akan membuat anda angkat kaki lebih awal dari permainan. Tidak ada alasan mengapa anda harus menggunakan pembukaan ini.

4.    Anglo Skandinavia ( 1.c4 d5 )

Perbedaan yang mencolok antara pembukaan ini dengan pertahanan Skandinavia yang umumnya kita kenal adalah hitam menukar bidak d dengan bidak c. Hal ini tentu saja merugikan karena medan tengah putih semakin kuat dan hitam tidak memiliki kesempatan untuk melakukan srangan balik. Pada akhirnya, kekalahan pasti akan dirasakan hitam.

Itulah beberapa pembukaan unik yang perlu anda hindari. Jika ingin mengetahui pembukaan unik yang cocok digunakan sebagai pemegang buah hitam, maka sebaiknya anda menyematkan waktu untuk membaca artikel berjudul:
Pertahanan catur unik bagi hitam
Pembukaan catur terbaik bagi hitam mengahdapi d4
Previous Post
Next Post