posisi perwira pertahanan Caro-Kann varian tukar

loading...
loading...
adapun posisi perwira dan strategi dasar menyerang pada pertahanan Caro-Kann varian tukar adalah sebagai berikut:

posisi perwira pertahanan Caro-Kann varian tukar

1. raja

raja harus melakukan rokade di sayap raja secepatnya.rokade di sayap mentri akan sangat tidak aman karena putih dengan mudah membuka lajur c dengan langkan c4.


2. mentri

mentri biasanya berkembang pada petak b6,a5, dan c8. apabila permainan akhir harus berakhir dengan pertarungan antarperwira berat, maka mentri dapat berkembang ke petak c6 dan menggunakann kekuatanya untuk memenangkan sayap mentri.


3. Benteng

penempatan benteng adalah salah satu hal yang pokok dalam catur, dan pada pertahanan Caro-Kann kedua pemain harus bertarung untuk menemukan posisi yang baik.benteng seharusnya berada pada lajur c, d, dan e karena lajur ini terbuka dan ada bidak lemah lawan.penting untuk diketahui bahwa ada 3 jumlah lajur yang terbuka sedangkan jumlah benteng masing-masing pihak hanya ada 2.oleh karena itu, terkadang mentri biasa digunakan untuk menguasai salah satu lajur,


4. gajah

dalam Caro-Kann, gajah sangat mudah untuk berkembang. gajah hitam menempati petak e7, bahkan jika gajah hitam harus menangkap bidak c5 jika terjadi pertukaran, ia akan tetap kembali ke e7 jika diancam. lajur cbukan tempat untuk gajah karena ia dapat diancam dengan Bc1, Mc2, Ka4, atau Ke4.


5. Kuda

pada varian tukar, kuda harus sesegera mungkin diletakkan di petak c6 dan f6. petak-petak ini adalah posisi terbaik kuda. kuda berperan untuk menguntrol petak pusat pada petak d4 dan e4.


6. Bidak

bidak a bisa didorong selama mendapat sokongan dari perwira lain.tujuannya adalah untuk memenangkan ruang.

bidak b bisa didorong jika mempunyai tujuan yang jelas. sebagai contoh adalah jika bidak b ke b5, maka kuda dapat dikembangkan dipetak a5 kemudian ke c4.

bidak c kemungkinan ada jika terjadi pertikaran kuda dipetak c6 dan jika hal itu terjadi, maka bidak tersebut sesegera mungkin didorong ke petak c5.

bidak d tetap berada pada posisinya kecuali jika putih memainkan c5 sehingga terjadi pertukaran dan kuda berkembang ke petak d5.

bidak e, f, g, dan h sebaiknya tetap berada pada tempatnya, kecuali jika ada kemungkinan lain yang menguntungkan dan ada alasan yang kuat.