posisi perwira dan strategi dasar Caro-Kann varian dorong ( advance ) - stretegi bagi hitam bagian 2

loading...

pada varian dorong, putih memiliki kebebasan lebih luas untuk bergerak koordinasi perwira yang lebih baik. sedangkan hitam memiliki gajah hitam yang buruk akan tetapi hitam tidak perlu takut dari potensi serangan langsung.pada permainan akhir, putih akan menekan dilajur a dan juga bisa mengontrol lajur tersebut. hitam bisa mendorong bidak c ke c5 setelah rokade di sayap raja.

posisi perwira dan strategi dasar Caro-Kann varian dorong ( advance ) - stretegi bagi hitam bagian 2



1. raja

   raja tetap berada di tengah untuk sementara akan tetapi tidak boleh mengabaikan rokade karena penting    untuk menghubungkan benteng. normalnya, hitam akan rokade di sayap mentri. terkadang raja akan aman berada di petak d7 dan hitam harus mempertimbangkan hal ini dengan baik. pada permainan akhir, raja dapat melakukan penyerangan di sayap mentri.


2. mentri

putih tidak memiliki peran yang penting pada mentri, sehingga seringkali kedua mentri akan berkembang di petak b3 dan b6. meskipun terjadi pertukaran, bukan berarti bahwa permainan telah memasukai babak akhir.


3. benteng

pada permainan akhir, putih akan menyisakan satu benteng pada lajur a dan menggunakan benteng yang lain untuk mendukung serangan di tengah. tanpa lajur terbuka, hitam tidak memiliki rencana yang langsung bagi bentengnya.selama putih mempunyai benteng pada petak a1, maka keberadaan benteng hitam di petak a8 sangat berguna.sedangkan benteng yang lainnya dapat diletakkan di c8 untuk membantu menyokong jika bidak c didorong.


4. gajah

gajah putih hitam tetap berada pada diagonal b1-h7 selama permainan.sementara gajah hitam akan berada ditengah mengontrol petak pusat karena semua petak hitam sangat penting.


5. kuda

pada varian ini, kuda memiliki posisi yang sangat buruk. kuda tidak memiliki tempat yang baik untuk berkembang. keberadaan kuda di c7 tidak dapat menjadi penyokong jika bidak c didorong, bahkan akan menghalangi benteng yang ada dipetak c8.tidak ada cara yang mudah untuk mengembalikan posisi kuda ke tempat yang lebih berguna.akan tetapi kuda tersebut memberikan perlindungan yang baik pada petak b5, d5, dan e6. apabila putih memainkan c4, maka kuda hitam memiliki kesempatan untuk menduduki petak d5 dengan mendorong bidak b5.


6. bidak


bidak a didorong jika mentri masih ada di atas papan.pada permainan akhir, bidak a seharusnya ada di petak a7 dan dilindungi oleh benteng a8.bidak a boleh didorong ke petak a6 atau a5 jika kita mempunyai potensi untuk melindungi petak a4 dan a3.

 bidak b tetap berada pada petak b7 kecuali jika memiliki tujuan yang jelas.

mendorong bidak c ke petakn c5 adalah strategi dan kunci utama pembukaan ini, sehingga putih akan memiliki bidak susun di petak b dan bidak lemah di petak e5.

bidak d bisa dipertimbangkan untuk ditukar jika putih memainkan c4.

bidak e tidak kemanapun.

bidak f dapat didorong ke f6 untuk menghancurkan medan tengah putih.untuk melakukan ini, dibutuhkan tekanan pada petak c5 dan e5, sementara posisi kuda pada petak c7 tidak mendukung hal ini.

mendorong bidak g akan membawa masalah besar.

bidak h boleh saja didorong jika ingin meletakkan gajah di petak h7.
     
  
loading...