Pembukaan gajah raja ( 1.e4 e5 2.Gc4 )

loading...
loading...
\pembukaan gajah raja

Pada umumnya dalam teori dan prinsip-prinsip dasar pembukaan catur, banyak para pecatur yang menyarankan agar mengembangkan kuda terlebih dahulu dibandingkan mengembangkan gajah adalah hal yang lebih baik. Namun, pada pembukaan gajah raja, putih memilih intuk mengembangkangajahnya terlebih dahulu.

Tujuan dari pengembangan gajah terlebih dahulu ini adalah untuk tetap membuka kemungkinan melakukan dorongan terhadap bidak f. Selain itu, dengan langkah ini, maka putih akan melakukan serangan dan perkembangan dengan cepat ke sayap raja hitam tanpa melemahkan sayap rajanya seperti yang ada pada pembukaan gambit raja.

Pembukaan ini pertama kali dikembangkan oleh master-master awal perkembangan catur yaitu Ruy Lopez dan Lucena. Pembukaan ini juga merupakan favorit dari Philidor. Diantara semua pecatur moderen, Grand Master asal Denmark, Bnet Larsen adalah salah satu yang paling menggemari pembukaan ini. Salah seorang master Amerika, Weaver Adams mengklaim bahwa pembukaan ini akan memberikan kemenangan mutlak bagi putih,m eskipun hanya ia sendiri  yang berpendapat demikian. Banyak dari pertandingan-pertandingan dan analisisnya yang menjelaskan pembukaan ini. Pembukaan ini bisa bertransposisi menjadi pembukaan Vienna, pembukaan Gambit Raja maupun pembukaan Italia/Giuoco Piano.

Ada beberapa langkah yang bisa dipilih hitam pada langkah kedua, yaitu2...Gc5,2...c6 dan 2...Kf6. 2...Gc5 dan 2...c6 hanya akan memeberikan kesempatan kepada hitam untuk meraih keseimbangan posisi. Langkah terbaik adalah 2...Kf6.
bishop openings
Varian pertahanan Berlin
Langkah 2...Kf6 merupakan langkah paling agresiv dan langkah terbaik mengahadapi pembukaan ini. Langkah ini juga disebut varian pertahanan Berlin (nama yang sama pada pembukaan Ruy Lopez). Langkah ini merupakan langkah yang sangat berbahaya karena hitam memberikan serangan langsung terhadap medan tenghah putih dengan menyerang bidak e5. Akibatnya, maka putih tidak bisa mengabaikan langkah ini.

Untuk menghadapi langkah ini, putih bisa memilih mengorbankan bidak e-nya untuk mengembangkan perwira. Pada varian utama, biasanya akan berlanjut dengan 3.d4 exd4 4.Kf3 Kxe4 5.Mxd4, pada posisi ini, meskipun kehilangan satu bidak putih tetap memiliki posisi yang menguntungkan karena perkembangan dari perwira-perwiranya tersebut. Oleh karena itu, sebagai hitam jika memilih mengambil bidak e tersebut, maka pastikan bahwa anda memiliki kemampuan bertahan yang baik.

pembukaan gajah raja
Posisi setelah Mxd4, maka kuda akan kembali ke f6
Sebagai putih, jika tidak ingin mengorbankan bidak maka anda bisa memilih langkah 3.d3 biasanya akan diikuti dengan 3...c6 atau 3...d5. kedua langkah ini akan menghasilkan posisi yang seimbang bagi kedua belah pihak.
varian pembukaan gajah raja

loading...