loading...

Pembukaan empat kuda (1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.Kc3 Kf6)

loading...
loading...
pembukaan empat kuda
Pembukaan empat kuda adalah salah satu pembukaan yang sangat solid bagi pemegang biji putih. Jika putih tidak terlaliu ngotot dan menginginkan kemenangan, maka ia akan bisa menghasilkan hasil remis dengan mudah dibandingkan dengan pembukaan lainnya. Akan tetapi pembukaan ini hanya memberikan sedikit harapan bagi putih untuk mendapatlan keunggulan di babak pembukaan karena hitam akan mudah mencapai posisi seimbang dengan mudah.
Sebelum perang dunia pertama, pembukaan ini merupakan pembukaan yang sangat populer. Tarrasch, Schelter, Moroczy, Janowsky dan bahkan Alekhine biasa menggunakan pembukaan ini. Pada tahun 1930-an, para master mulai kehilangan ketertarikan terhadap pembukaan ini karena dianggap membosankan dan hanya menghasilkan hasil imbang saja. Kurangnya ancaman dan struktur bangunan yang simetris menyebabkan hitam hanya memiliki sedikit masalah ntuk mencapai keseimbangan posisi. Akan tetapi, pada dekade 90-an, John Nunn menulis buku yang bejudul News Ideas in the Four Knights yang menyebabkan pembukaan ini kemnbali dilirik antara lain oleh Nigel Short, Speelman dan Shirov.

Umumnya, langkah keempat putih adalah 4.Gb5. hitam memiliki dua pilihan pada langkah keempatnya setelah langkah ini yaitu 4...Gb4 atau 4...Kd4 (pertahanan Rubinstein).

Apabila hitam hanya mengincar hasil imbang, maka meniru langkah putih adalah langkah yang cukup menarik untuk dilakukan 4.Gb5 Gb4 5.0-0 0-0 6.d3 d6 7.Gg5. pada langkah ketujuh, hitam tidak perlu meniru dengan 7...Gg4( hitam akan berada pada posisi yang buruk pada langkah ini ) tetapi ia bisa menukar gajahnya dengan 7...Gxc3. terkadang pada langkah ke tujuh putih akan mengembangkan kudanya ke petak e2. Akan tetapi, hal ini hanya akan menghasilkan posisi imbang.
four knight defense
posisi setelah langkah ke-7 7.Gg5
varian pembukaan empat kuda
Varian Metger
 Selain itu, ada juga varian Metger dimana pada langkah keenam hitam, hitam langsung menukar gajahnya dengan kuda di petak c3. Hal ini menyebabkan putih akan berada dalam posisi yang cukup menguntungkan karena memiliki dua gajah, dan di sisi lain putih memiliki struktur bidak yang kurang baik karena adanya bidak susun di lajur c.
Pada langkah keenam, putih juga bisa memilih varian Nimzovitch yaitu 6.Gxc6 yang dikatakan menjamin hasil remis bagi putih.
cara bermain pembukaan empat kuda
Varian Nimzovitch
four knight defense variation
Varian Rubinstein
Varian lain yang bisa dipilih hitam adalah varian Rubinstein 4...Kd4. varian ini dianggap sebagai alasan utama mengapa pembukaan empat kuda jarang dijadikan sebagai senjata utama dalam turnamen catur. Menghadapi langkah ini, putih memiliki enam kemungkinan jawaban yang semuanya dianggap tidak memberikan keuntungan yang positif bagi kedua pihak. Adapun langkah-langkah itu adalah sebagai berikut:
1. 5.Kxd4, dianggap hanya akan menghasilkan posisi imbang yang hanya membuat hasil remis lebih cepat terwujud.
2. 5.0-0, dianggap kurang baik karena pada akhirnya hitam akan memiliki dua gajah dengan 5...Kxb5 6.Kxb5
3. 5.Ge2 dianggap tidak berarti bagi perkembangan perwira.
4. 5.Ga4, langkah ini cukup menjanjikan karena menghindari tangkapan kuda dan pada saat yang sama bidak e5 terancam oleh kuda f3. Akan tetapi, hitam bisa mengorbankan bidak itu dan tetap memperoleh keuntungan yang lebih baik dengan 5...Gb4.
5.  5.Gc4,  dianggap lebih kuat karena mengancam bidak e5 dan pada saat yang bersamaan mengancam petak f7. Akan tetapi, sekali lagi hal ini tidak memberikan keuntungan berarti bagi putih.
6. Kxe5, langkah ini mengabaikan ancaman terhadap gajah dan tetap dianggap bukan pilihan langkah yang baik.

Pada langkah keempat, hitam juga bisa memilih 4...a4 yang akan menyebabkan pembukaan ini bertransposisi ke pembukaan Ruy Lopez atau Pembukaan Spanyol.

loading...