loading...

Pertahanan bidak raja yang tidak umum

loading...
loading...
Pada postingan-postingan lain sebelumnya mengenai dasar-dasar teori pembukaan dan pertahanan catur, semua pertahanan yang umum dibahas secara khusus dan dimasukkan dalam daftar 7 pertahanan terbaik menghadapi 1.e4. Seperti keita ketahui, pertahanan bidak raja adalah jawaban hitam terhadap langkah putih 1.e4. Pada postingan ini akan membahas mengenai pembukaan bidak raja yang tidak umum dan jarang digunakan. Adapun pertahanan-pertahanan itu adalah sebagai berikut:

1. Pertahanan Owen (1...b6)

pertahanan owen
Pada level non master, pertahanan ini adalah pertahanan yang sangat populer dan sering digunakan sebagai pertahanan utama bagi beberapa orang dibandingkan menggunakan pertahanan sisilia, Pertahanan Caro-Kann, Pertahanan Pirc, ataupun Pertahanan Perancis. Pertahanan ini bertujuan untuk mengobrak-abrik medan tengah putih dengan menggunakan gajah. Langakh hitam biasanya akan diikuti dengan ...e6 dan ...c5 Hitam berusaha untuk menguasai lajur a8-h1. Pada umumnya langkah ini akan diikuti dengan 2.d4 Gb7 3.Gd3 sehinga d3 nantinya bisa digunakan untuk menyokong d4. Langkah 3.Kc3 juga merupakan salah satu langkah yang cukup baik. 


2. Pertahanan Basman (1...g5)
pembukaan bidak raja tidak umum
Sampai saat ini, saya belum pernah melihat ada orang yang menggunakan pertahanan ini, bbahkan di level warkop dan klub. Pertahanan ini adalah Pembukaan Grob terbalik yang dilakukan oleh hitam. Pertahanan ini bisa digunakan hanya sebagai efek kejutan pada lawan. Jika lawan memandang sebelah mata lengkah ini, maka putih akan terseok-seok dan mengalami banyak masalah. Jadi, sebagai pemegang buah putih jangan pernah meremehkan langkah ini.


3. Pertahanan 1...a6
pembukaan catur langka
Tujuan dari pertahanan ini nyaris sama dengan pertahanan Owen. Pertahanan ini bertujuan untuk menempatkan gajah putihnya pada petak b7 untuk menguasai lajur a8-h1. Hitam akan menyerang pada sayap mentri dengan 2...b5, bidak b satu langkah lebih jauh dibandingkan pada pertahanan Owen. Pada umumnya, putih akan memperoleh keuntungan jika bermaindengan akurat dan sesuai dengan teori dasar pembukaan. Akan tetapi, jika kurang teliti, maka hitam akan mampu mengambil alih permainan dengan mudah. Miles pernah mengalahkan Karpov menggunakan pertahanan ini. Mungkin Karpov Shock melihat langkah pertama hitam ini.


4. Pertahanan 1...h5
pembukaan catur aneh
Pertahanan ini bisa digunakan hanya sebagai efek kejut. Sebaiknya jangan digunakan pada pertandingan.

loading...