Pembukaan bidak raja yang tidak umum

loading...
pembukaan catur langka
Posisi dasar pembukaan bidak raja
 Dalam pembukaan catur, yang dimaksud dengan pembukaan bidak raja adalah pembukaan yang dimulai dengan 1.e4 e5. Ada beberapa pembukaan yang cukup umum dan sering kali dimainkan di banyak level turnamen, antara alain pembukaan Italia, Ruy Lopez/Spanyol, pembukaan Vienna, Pembukaan Gmabit Raja, pembukaan Empat kuda, dan lain-lain sebagainya . Namun, pada tulisan ini akan membahas mengenai beberapa pembukaan bidak raja yang tidak umum dan jarang sekali digunakan. Adapun pembukaan tersebut antara lain:

1. Pertahanan Hungaria
pembukaan catur langka
Pertahanan Hunagria  diikuti dengan langkah 2.Kf3 Kc6 3.Gc4 Ge7!?. Pertahanan ini bertujuan untuk menghindari pembukaan Italia/Giuoco Piano atau menghindari pertahanan dua kuda yang sangat berbahaya. Salah satu alasan mengapa pembukaan ini jarang digunakan adalah karena pertahanan ini akakan menjamin kepastian keunggulan bagi putih dan kita juga bisa melihat bahwa langkah hitam 3...Ge7 tersebut adalah langkah yang sangat pasif. Pertahanan ini pernah digunakan oleh pecatur-pecatur yang menyukai posisi bertahan seperti Rashevsky, Hort, dan Smyslov. Pembukaan ini dianggap terlalun membosankan untuk dimainkan.

2. Gambit balasan bidak mentri
Gambit ini diikuti langkah 2.Kf3 d5 adalah langkah yang sangat tidak sabar dari hitam untuk meraih inisiatif. Hitam memberikan terkadang bahkan sampai dua bidaknya kepada putih untuk memeperoleh perkembangan buah yang baik dan menyebabkan mentri putih berada pada posisi yang kurang menguntungkan. Pembukaan ini hampir tidak pernah dimainkan di level atas. Pembukaan in i masih membutuhkan pengembangan dan analsisi yang serius.

3. Pembukaan Alapin
Perlu diketahui bahwa pembukaan ini berbeda dengan pembukaan Sisilia Alapin. Pembukaan ini sangat aneh untuk pembukaan di abad moderen. Langkah kedua pada pembukaan alapin adalah 2.Ke2.

4. Gambit Latvia merupakan salah satu contoh pembukaan yang juga termasuk dalam pembukaan bidak raja yang kurang populer.

loading...