15 Pertahanan catur menghadapi e4 terburuk

loading...
loading...
pembukaan catur
Pada kesempatan ini saya akan menuliskan tentang pertahanan catur terburuk menghadapi e4. Pertahanan ini tidak direkomendasikan digunakan pada babak awal permainan catur. Dalam daftar ini, Schiller memasukkan 15 pembukaan catur.

Berikut ini adalah 15 pembukaan catur menghadapi e4 terburuk tersebut:

1.    Pertahanan balogh ( 1.e4 d6 2.d4 f5?)

Pertahanan ini langsung menghasilkan titik lemah sejak awal pembukaan catur. Mendorong 2...f4 merupakan ide buruk apalagi mentri putih memiliki agresivitas yang sangat tinggi pada pembukaan yang diawali dengan e4.

2.    Fred ( 1.e4 f5 )

Joel Benjamin dan Eric Shiller tidak tahu dari mana nama pembukaan ini  berasal. Satu yang pasti, pembukaan ini adalah pembukaan yang sangat buruk. Tidak jelas apa strategi hitam, tidak tergolong gambit, dan benar-benar tidak jelas.

3.    Pertahanan neo Mongoloid ( 1.e4 Kc6 2.d4 f6 )

Sepertinya memang semua pertahanan catur yang mendorong bidak f pada langkah awal selalu mendapat cap sebagai pembukaan ataupun pertahanan catur terburuk, seperti halnya pertahanan Neo Mongoloid ini.

4.    Pertahanan Alekhine varian Knight tour (1.e4 Kf6 2.e5 Ke4 )

Pertahanan Alekhine merupakan pertahanan andalan saya. Akan tetapi, saya tidak menganjurkan anda untuk menggunakan pertahanan varian ini. saya pernah tersiksa ketika menggunakan varian ini di chess.com

5.    Serangan campomanes (1.e4 c6 2.d4 d5 3.Kf3 Kf6 )
pembukaan catur campomanes

Pertahanan ini digunakan oleh Campomanes ketika melawan Mikhail Tal pada olimpiade di leipzig  tahun 1960. Pertahanan ini merupakan salah satu bentuk jika ingin menghindari lajur utama pertahanan Caro-Kann. Mungkin saja Campomanos saat itu ingin memberikan kejutan kepada Tal dengan memilih langkah sangat tidak umum seperti ini.

6.    Serangan balasan Gurgenidze ( 1.e4 c6 2.d4 d5 3.Kc3 b5 )
Lagi-lagi, hitam berpura-pura memainkan pertahanan Caro-Kann tetapi merubahnya pada langkah ketiga. Pada langkah ketiga ini, hitam benar-benar telah melemahkan pertahanan di sayap mentrinya. Bidak gantung di lajur c akan menjadi sasaran empuk putih.

7.    Sisilia Katalimov (1.e4 c5 2.Kf3 b6 )

Pertahanan sisilia adalah pertahanan terbaik menghadapi e4. Akan tetapi, varian ini dimasukkan sebagai pertahanan terburuk sehingga anda bisa mencegah menggunakannya sejak awal. Salah seorang pecatur terbaik rusia, Lev Psahkis pernah menggunakan pertahanan ini.

8.    Sisilia Fred ( 1.e4 c5 2.Kf3 g6 3.d4 f5 )

Sisilia fred adalah bentuk penyimpangan lainnya dari pertahanan sisilia pada umumnya. Sama sepreti sisilia Katalimov, pertahanna ini juga menjadi salah satu yang perlu dihindari. Setelah terjadi pertukaran di bidak d f5 dan c5, maka putih akan unggul satu bidak sedangkan hitam akan memiliki satap raja danlajur hitam yang lemah.

9.    Kitchenner Folly ( 1.e4 e5 2.Gc4 Kf6 3.d3 Ge7 4.Kf3 0-0 )
pembukaan catur kitchner folly

Tujuan hitam adalah menyerahkan satu bidak untuk memperoleh keunggulan dalam perkembangan. Akan tetapi, faktanya adalah hanya kelemahan yang didapatkan. Mungkin anda bisa mencobanya dulu di chess.com sebelum menggunakannya di dunia nyata.

10.    Gambit Maroczy ( 1.e4 e5 2.Kf3 d5 3.exd gd6 )

Gambit Maroczy saat ini sudah tidak pernah terlihat untuk dimainkan lagi.

11.    Pertahanan Damiano ( 1.e4 e5 2.Kf3 f6 )

Pembukaan ini adalah salah satu pembukaan tertua yang memiliki masa perkembangan sama dengan pembukaan Ruy Lopez dan pembukaan Gambit Mentri. Hanya saja, perbedaanya adalah Gambit Mentri dan Ruy Lopez memiliki reputasi terkuat, tetapi pembukaan ini memiliki reputasi terlemah.

12.    Gambit balasan Paulsen ( 1.e4 e5 2. Kf3 d5 3.exd e4 )

Sama seperti gambit balasan Albin, gambit ini juga menyerahkan salah satu bidaknya untuk melakukan serangan balik. Langkah ini, meskipun buruk terlihat cukup menarik. Mungkin saya akan mencobanya sekali waktu.

13.    Pertahanan Greco ( 1.e4 e5 2.Kf3 Mf6 )
pembukaan dan pertahanan catur terburuk
Saya baru tahu, kalau ternyata pertahanan ini bernama pertahanan Greco. Mentri yang keluar terlalu awal selalu merupakan resiko dan melanggar aturan umum pembukaan catur untuk tidak mengeluarkan metri terlalu awal.

14.    Gambit Latvia ( 1.e4 e5 2.Kf3 f5 )

Gambit Latvia telah saya tulis sebelumnya pada tulusan berjudul Gambit Latvia. Nama lain dari gambit ini adalah gambit balasan Greco.

15.    Pembukaan Spanyol : various

Sebelumnya, baca dulu materi tentang pembukaan spanyo/pembukaan Ruy Lopez yang merupakan salah satu pembukaan terbaik bagi putih. Dalam hal ini, jika anda memegang buah hitam dan menghadapi pembukaan ini, maka anda tidak boleh membuat varian aneh-aneh. Pembukaan Ruy Lopez terlalu tajam dan telah banyaka nalisis yang menunjukkan kepada anda untuk sebaiknya menggunakan langkah yang sudah umum.

Itulah daftar pembukaan dan pertananan catur terburuk bagi hitam menghadapi e4. Terburuk bukan berarti kita tidak akan menang jika menggunakan pertahnan dan pembukaan catur di atas. Terburuk disini berarti anda memiliki peluang yang tidak cukup baik untuk menang jika menggunakan pertahanan maupun pembukaan catur di atas.