Sunday, February 8, 2015

8 alasan mengapa anda harus bermain catur

alasan untuk mulai bermain catur
image source : strategicatur.blogspot.com

Catur merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dan banyak menghasilkan prestasi tetapi kurang mendapatka perhatian oleh pemerintah. Permainan catur telah berkembang sejak seribu lima ratus tahun yang lalu. Catur bisa digolongkan sebagai bentuk seni, olahraga, dan juga sains. Saat ini ada banyak penggemar catur di seluruh dunia.
Di Indonesia sendiri, olahraga catur menghasilkan banyak prestasi akhir-akhir ini dibandingkan olahraga lainnya. Umumnya masyarakat lebih percaya bahwa catur adalah olahraganya orang tua sehingga hanya sedikit anak muda yang memainkan permainan ini.

Untuk bisa bermain catur dengan baik, maka sebagai langkah awal anda bisa memulai dengan mempelajari teori pembukaan catur. Anda bisa mengawalinya dengan memilih pembukaan catur terbaik. Anda bisa membacanya pada artikel "Pembukaan Catur Terbaik Bagi Pemegang Buah Putih" di blog Love & Respect.
Jika anda merasa bahwa permainan catur itu tidak keren, maka berikut ini beberapa alasan mengapa anda harus mempertimbangkan kembali pendapat anda.
1.     Catur adalah olahraga sejuta umat
Siapa coba yang tidak mengetahui permainan catur? Semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak sampai manula mengenal permainan ini tidak terlepas dari jenis kelamin maupun latar belakang pendidikan atau pekerjaannya. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari anda, anda bisa menemukan orang bermain catur di jalan-jalan, tukang becak di pangkalan, dan lain-lain.
2.    Catur bisa dimainkan kapanpun
Permainan catur bisa dimainkan kapanpun, tidak mengenal cuaca ataupun waktu. Disaat anda tidak bisa memainkan sepakbola di siang bolong, anda bisa memainkan catur. Di saat anda tidak bisa bermain sepakbola saat hujan, anda tetap bisa memainkan permainan catur bukan. Banyak olahraga-olahraga yang pelaksanaannya terikat oleh waktu dan cuaca, kecuali catur.
3.    Catur bisa dimainkan dimanapun
Seperti sudah disebutkan di atas, catur dimainkan oleh tukang becak maupun tukang ojek di pangkalan sampai bisa dimainkan di ruangan ber-AC dan kursi empuk. Sangat praktis. Yang dibutuhkan hanyalah seperangkat catur, maka anda bisa berolahraga.
4.    Catur bisa meningkatkan kecerdasan
Penelitian menunjukkan bahwa catur bisa meningkatkan kecerdasan pemainnya. Hal ii dikarenakan catur menyebabkan kita harus melatih otot-otot di otak kita untuk senantiasa bekerja sehingga lambat laun kecerdasan anda akan meningkat. Perlu diketahui bahwa beberapa pemain catur hebat dunia memiliki tinggkat IQ di atas rata-rata seperti Gary Kasparov yang memiliki IQ 192. Sedangkan Judith Polgar merupakan Grand Master wanita yang memiliki IQ di atas 170.
5.    Meningkatkan kreativitas
Tingkat kalkulasi yang sangat rumit dan banyaknya strategi yang perlu anda gunakan dan perhitungkan menyebabkan catur membentuk anda menjadi pribadi yang kreatif.
6.    Mencegah dari Alzheimer
Alzheimer adalah jenis penyakit yang umumnya menyerang orang berusia lanjut. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menghabiskan waktu bermain catur memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk terserang penyakit Alzheimer.
7.    Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
Para pecatur umumya adalah seorang problem solver yang baik. Bermain catur menuntut seseorang untuk mengambil dan menetukan langkah terbaik dalam waktu yang sangat singkat.
8.    Sebagai penghasilan tambahan
Menjadikan permainan catur sebagai penghasilan tambahan adalah hal yang tidak mungkin. Kejuaraan catur yang selalu bermunculan memberikan kesempatan anda untuk meraih penghasilan tambahan. Apalagi jika kita masih berstatus mahasiswa. Kejuaraan catur tidak mengenal kelas usia dan jenis kelamin. Meskipun anda masih berusia muda anda tetap bisa bertarung dengan pecatur kawakan.

8 alasan diatas bisa anda pertimbangkan untuk mulai memutuskan untuk bermain catur.  Bermain catur bukanlah permainan yang membosankan. Bahkan jika anda telah menguasai permainan ini, anda akan merasakan kebahagiaan tersendiri.

Salah seorang Grand Master terbaik Perancis, Siegbert Tarrasch pernah mengatakan “like love, like music, chess have power to make man happy “
Previous Post
Next Post