Saturday, February 7, 2015

8 alasan untuk mulai bekerja di sektor swasta yang perlu dipertimbangkan

alasan bekerja di sektor swata
image source : www.lizarazak.com

Tanpa terasa, pengumumnan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil telah diumumkan beberapa bulan terakhir ini. Beberapa ribu orang bersuka cita karena akhirnya bisa terlepas dari stastus sebagai pengangguran yang selama ini mereka sandang, sedangkan beberapa ratus ribu lainnya harus pasrah dan menunggu peluang baru. Mungkin sudah saatnya kita mempertimbangkan bekerja di sektor swasta.
 

Tingginya angka pengangguran di Indonesia yang sebagian besar adalah lulusan sarjana tentu saja membuat galau. Umumnya, ada beberapa yang menyebabkan kita merasakan kegalauan, seperti rasa bersalah karena masih membebani orang tua, rasa tertekan karena calon istri telah memina untuk datang ke rumah, rasa malu karena banyak  teman-teman sekolah dahulu telah menuju kesuksesan, dan lain-lain.
 
Oleh karena itu, mungkin saja sudah saatnya kita untuk mempertimbangkan untuk bekerja di sektor swasta meskipun bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia sektor swasta kurang menjanjikan masa depan. Ada beberapa alasan bagi kita untuk mempertimbangkan bekerja disektor swasta, antara lain:
 
1.    Bekerja di sektor swasta menjanjikan karier yang cepat
 
Berbeda dengan pegawai negeri yang kariernya umumnya ditentukan dengan masa bakti, di sektor swasta kita tidak perlu terlalu lama untuk bisa mencapai posisi penting. Pekerjaan di sektor swasta hanya membutuhkan etos kerja yang tinggi dan prestasi yang bisa kita torehkan selama bekerja.
 
2.    Gaji dan pendapatan yang bisa anda hasilkan pekerja di sektor swasta cukup menjanjikan
 
Meskipun tdak mengenal istilah remunerasi, gaji hasil bekerja di sektor swasta dan pendapatan yang bisa kita raih bisa saja lebih tinggi dari gaji pegawai negeri. Apalagi jika anda bekeja di daerah denagn UMP tinggi. Misalnya saja, gaji buruh baru di kota Jakarta bisa mencapai 3 juta rupian dalam waktu selama satu bulan. Gaji itu hampir setara dengan gaji pegawai negeri sipil yang telah bekerja selama beberapa tahun bukan?
 
3.    Pekerjaan di sektor swasta lebih menantang
 
Bekerja di sektor swasta sangat menantang. Tidak ada waktu untuk bersantai. Jadi, bagi anda yang gila kerja dan tidak suka hanya berdiam diri sambil ongkang-ongkang kaki, maka pekerjaan di sektor swasta sangat cocok untuk anda.
 
4.    Tidak ingin membebani negara
 
Seperti kita tahu, gaji yang dibayarkan oleh pemerintah kepada PNS berasal dari pajak yang dibayarkan oleh rakyat. Jika anda merasa ingin mengurangi beban negara, maka anda bisa memilih pekerjaan di sektor swasta yang justru memberikan pemasukan dan keuntungan pada negara.
 
5.    Anda bisa mencari pengalaman sebelum membangun perusahaan anda sendiri
 
Pengalaman yang akan anda dapatkan ketika bekerja di sektor swasta tentu saja mejadi sesuatu yang sangat berharga terlebih lagi jika anda ingin membangun perusahaan anda sendiri. Pengalaman merupakan sesuatu yang sangat berharga bukan? Olehnya itu, maka mencari pengalaman sambil memperoleh pendapatan bukanlah sesuatu yang buruk untuk dicoba.
 
6.    Bekerja di sektor swasta membuka peluang untuk melanjutkan pendidikan
 

Bagi anda yang masih ingin melanjutkan pendidikan bahkan mungkin sampai ke luar negeri, maka kesempatan untuk bekerja di berikan sektor swasta yanga da di depan mata anda saat ini tidak boleh disia-siakan. Banyak perusahaan yang memberikan beasiswa kepada pekerjanya untuk menempuh pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi.
 
7.    Mengembangkan keahlian yang anda miliki saat ini
 
Mengembangkan keahlian dan ilmu yang telah dimiliki pada saat perkuliahan adalah sesuatu yang perlu anda pertimbangkan sebelum melanjutkan karier anda bukan? Banyak perusahaan yang bisa memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada anda dibandingkan anda bekerja di tempat yang sama sekali tidak membutuhkan kemampuan anda.
 
8.    Mengisi waktu anda agar tidak terbuang percuma tanpa ada hal positif yang diperoleh
 
Mungkin anda masih ingin melanjukan cita-cita anda sebagai abdi negara dnegan menjadi PNS tetapi anda tidak lulus tahun ini. Jangan berkecil hati jika anda mengalami hal ini karena anda bisa menggunakan waktu anda untuk mengasah skill dan ilmu anda sehingga anda bisa lulus menjadi pegawai negeri sipil tahun depan. Dengan bekerja di sektor swasta, anda akan memperoleh gaji, pengalaman, skill dan pengetahuan yang mumpuni, sehingga tahun depan anda bisa kembali mengejar cita-cita anda sebagai PNS.

Itulah sedikit alasan mengapa anda perlu mulai mempertimbangkan untuk bekerja di sektor swasta. Bekerja selama setahun saja anda bisa menghasilkan banyak pengalaman dan pengetahuan bukan ?
Previous Post
Next Post