Thursday, February 5, 2015

Pertahanan catur menghadapi 1.d4 terburuk


Ada banyak pertahanan untuk mengahdapi 1.d4. Pertahanan menghadapi 1.d4 terburuk ini adalah daftar pertahanan yang harus anda abaikan jika anda inginmemenangkan permainan catur. Bahkan meskipun anda mengahdapi lawan aynag and aanggap lemah, sebaiknya jangan menggunkana pertahanan ini.

Seperti biasa, daftar pertahanan ini diambil dari buku yang di tulis oleh Eric Schiller dan Joel Benjamin berjudul “unorthodox chess opening”. Berikut adalah daftar pertahanan menghadapi 1.d4 terburuk.

1.    Englund Gambit ( 1.d4 e5 2.dxe Kc6)
pertahanan catur mengahdapi 1.d4 terburuk

Pada langkah ini, hitam membuang satu bidaknya di awal permainan. Sebagai pemegang buah putih, maka harus mewaspadai perangkap yang bisa menyebabkan anda mengalami checkmate secepatnya.

2.    Anti Veresov ( 1.d4 d5 2.Kc3 Gg4 )
pertahanan catur mengahdapi 1.d4 terburuk

Entah ada di bagian mana kekurangan dari pertahanan ini. Dari bentuk bangunannya pada dua langkah awal ini belum terlihat kelemahan yang dilakukan hitam. Mungkin saja pada middle game nanti hitam akan dihajar habis habisan karena mengeluarkan gajag putihnya terlalu awal. Jika dibandingkan dengan pertahanan menghadapi d4 lainnya, umumnya gajah putih tidak keluar terlalu cepat

3.    Pertahanan Austria (1.d4 d5 2.c4 c5 )
pertahanan catur mengahdapi 1.d4 terburuk

Jika putih mampu bermain dengan hati-hati, maka ia akan mampu menangani permainan nekat yang dilakukan oleh hitam ini. bidak dari kedua kubu bertemu di sayap mentri merupakan hal yang cukup mengejutkan terlebih jika terjadi pada awal pembukaan catur.

4.    Gambit Menteri diterima varian pertahanan Schwartz ( 1.d4 d5 2.c4 dxc 3.e4 f5 )
pertahanan catur mengahdapi 1.d4 terburuk

Dalam bukunya, ditulis bahwa langkah ini adalah ide yang sangat buruk. Putuh bahkan bisa melihat potensi chekmate pada langkah ketujuh. Mendorong bidak f pada awal permainan apalagi jika bidak e putih telah maju hingga e4 adalah sebuah neraka bagi hitam. Hitam seolah-olah menggali kubur untuk dirinya sendiri.

5.     Gambit mentri ditolak varian Alekhine idea ( 1.d4 d5 2.c4 g6 )
pertahanan catur mengahdapi 1.d4 terburuk

Jika anda ingin nekat dan bersenang-senang, maka pertahanan ini bisa anda mainkan. Perhatikan bahwa setelah 3.dxe Kf6 4.Ma4 + akan membawa putih memperolehpeluang untuk menekan  hitam habis-habisan.

Jadi, bagaimana dengan anda ? jika anda ingin bermain dan memenangkan permainan dengan serius, maka saya sarankan untuk membaca artikel berjudul 7 pertahanan terbaik bagi hitam menghadapi 1.d4.

Previous Post
Next Post