Pertahanan caro-kann ( 1.e4 c6 )

loading...



Pertahanan Caro-Kann adalah salah satu pertahanan yang solid yang pada awalnya terlihat aneh , dimana hitam bergerak perlahan, sering tertinggal dalam perkembangan  serta tidak memiliki pergerakan yang agresiv. Pertanahan ini pertama kali diperkenalkan oleh Horatio Caro ( Jerman ) dan Marcus Kann ( Austria ). Pertahanan ini telah digunakan oleh banyak pecatur terkenal, seperti Capablanca, Botvinnik, Karpov
dan Leko.
pertahanan caro kannKeunggulan pertahanan ini adalah hitam sukses dalam perkembangan perwira tanpa membuat kelemahan. Hitam juga  bermain dengan kokoh, dengan tujuan dan harapan utama agar cepat berkembang sebelum mengambil inisiatif, tetapi, bisa juga bermain dinamis seperti pada varian Larsen / Bronstein. Tetapi, disisi lain putih dibiarkan lebih bebas dalam bergerak,  sehingga putih ditantang untuk memanfaatkan mobilitasnya sebelum hitam menyelesaikan posisinya.

Dibawah ini adalah tabel varian pertahanan Caro-Kann beserta probabilitas kemenangan kedua pihak yang didasarkan pada permainan para master catur dunia.
Varian
Putih menang ( % )
Hitam menang ( % )
Remis ( % )
Two knight
31
27
42
Fantasy variation
33
32
35
Advance
40
32
28
Exchange
33
32
35
Panov attack
34
28
36
Larsen / bronstein
37
30
33
Smyslov
34
26
40
Classic
31
27
42
Main line
31
27
42

Penjelasan tentang varian Caro-Kann akan dibahas pada postingan berikutnya,,,,,,,,,,..........
loading...