loading...

Varian- varian Pertahanan Caro-Kann

loading...
loading...
Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul


untuk memahaminya lebih lanjut, maka baca artikel dibawah ini.

Varian- varian caro-kann
  • Varian klasik , varian ini dimulai dengan langkah: 1.e4 c6 2.d4 d5 3.Kc3 dxe5 4.Kxe5 ....Bf5. varian ini adalah varian paling lama dan paling solid bagi hitam. Putih bisa melakukan gangguan kecil di sayap raja hitam dengan mendorong bidak ke h5, tetapi untuk melakukan hal tersebut bukanlah hal yang mudah.
  •   Smyslov variation, ...4.Kd7, varian ini adalah varian baru yang dikenalkan oleh Anatoly Karpov dimana putih bermain tajam. Pada varian ini terkadang melibatkan pengorbanan perwira dan rokade di sayap yang berlawanan.
         
varian pertahanan caro kann
  • Larsen/bronstein  yang diikuti dengan 5.Kxf6 gxf6, yang membuka jalur – g untuk hitam dan menghasilkan posisi serangan yang tajam. Permainan lebih aman jika 5....exf6 dimana dua bidak di lajur f memberi perlindungan ekstra di sayap raja tetapi pada sayap mentri membuka sedikit peluang bagi putih.
      strategi pertahanan caro kann

  • Varian panov-botvinnik attack 1.e4 c6 2.d4 d5 3.exd5 cxd5 4.c4 .... varian ini adalah varian yang sangat tajam yang memungkinkan permainan menjadi terbuka. Varian ini mirip dengan gambit mentri diterima atau pertahanan semi Tarrasch.
pembukaan catur caro kann

  • Advance variation adalah strategi baru yang ditemukan , dimana rencana putih adalah melakukan serangan langsung yang memimpin pada permainan taktik.

  • Varian dua kuda lebih membawa pada wilayah berbeda, sering sekali mirip dengan hindia raja. Putih menjaga bidak d4 berrkembang , dan hitam lebih bebas dan memiliki banyak pilihan untuk menjaga keseimbangan.


  • Exchange variation adalah  rencana sederhana untuk mengembangkan perwira dan bermain pada sayap raja. Tetapi putih hanya memiliki sedikit prospek untuk menang.

  •   Fantasy variation, secara teori tidak terlalu baik bagi putih. Tetapi bagus untuk mengejutkan lawan.
        

Itulah beberapa varian yang umum dalam pertahanan Caro-Kann. Anda hanya perlu memilih varian mana yang paling anda sukai dan sesuai dengan gaya bermain anda.
loading...