10 Tips mendaki gunung di musim hujan

loading...
loading...
tips mendaki gunung di musim hujan
image source : pasmagrisaka.blogspot.com

Mendaki di musim kemarau dan di musim penghujan sangat berbeda. Ada banyak hal yang harus anda perhitungkan ketika anda melakukan pendakian di musim penghujan. Anda harus memperhatikan trek, keamanan dan kenyamanan tidur anda, dan lain-lain.

Ketika anda mendaki di musih hujan , anda memiliki peluang yang lebih besar untuk menghadapi licinnya jalur, kehujanan selama dalam perjalanan sampai ke puncak, dan tentu saja potensi terkena hipotermia yang lebih besar.

Saat ini, seperti biasa antara bulan oktober dan bulan April, Negara kita Indonesia akan memiliki potensi hujan yang sangat besar setiap harinya. Oleh karena itu, jika anda memiliki niat untuk melakukan pendakian maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:


1.    Bungkus semua pakaian anda dengan plastik

Tidur dalam keadaan kedinginan dan pakaian basah apalagi di musim penghujan akan meningkatkan resiko anda terserang insomnia. Oleh karena itu, anda wajib membungkus pakaian anda dengan plastik untuk menjamin agar semuanya tetap kering.


2.    Lapis bagian dalam carrier dengan trash bag

Untuk melindungi barang-barang ada lainnya, maka ada baiknya anda melapisi bagian dalam carrier anda dengan trash bag sehingga pakaian, sleping bag, dan bahan makanan anda tidak basah.


3.    Bawa cover bag berkualitas

Pastikan cover bag yang anda bawa berkualitas dan tahan air. Saat ini ada banyak cover bag yang beresiko bocor sehingga barang anda akan basah kuyup semua.


4.    Simpan jaket dalam tas, jangan langsung pakai

Ketika anda mendaki di musim hujan, maka pastikan bahwa jaket and aaman di dalam tas. Jangan langsung menggunakan jaket, karena di musim penghujan hujan bisa saja turun secara tiba-tiba. Dan jika saat itu anda sedang menggunakan jaket, maka tamatlah jaket anda.


5.    Bawa banyak ransum

Jika anda kedinginan di musim penghujan, maka anda memiliki potensi terkena hipotermia yang cukup besar. Oleh karena itu, dengan membawa banyak ransum, maka anda tetap bisa ngemil untuk meningkatkan metabolisme tubuh and asehingga mengurangi resiko terserang hipotermia.


6.    Pastikan membawa semua perlengkapan penghangat

Semua peerlengkapan penghangat tubuh seperti kaos kaki, kaos tangan, kupluk, scarf, dan lain-lain ynag anda butuhkan pastikan untuk selalu dibawa.


7.    Bawa ponco

Ponco atau jas hujan adalah benda wajib yang harus anda bawa di gunung kapanpun.


8.    Bawa sepatu khusus treking

Melakukan treking di musim hujan akan meningkatkan resiko anda terpeleset karena treking yang licin. Oleh karena itu, maka pastikan anda membawa sepatu gunung. Jangan membawa sepatu olah raga yang permukaannya licin.


9.    Bawa tenda double layer

Untuk meningkatkan kenyamanan anda saat anda mendaki di musim hujan, maka pastikan anda membawa tenda double layer yang lebih aman untuk melindungi and adari ancaman hipotermia dan kedinginan.


10.    Berdoa

Kapanpun anda pergi mendaki, jangan pernah lupakan hal ini.
loading...