16 Pembukaan catur aneh terbaik bagi putih tanpa 1.d4 dan 1.e4

loading...
loading...

Beberapa bulan yang lalu saya menemukan sebuah buku yang menarik yang ditulis oleh Joel Benjamin dan Eric Schiller yang berjudul “Unorthodox Opening”. Dalam bukunya, mereka memberikan daftar yang cukup menarik mengenai pembukaan-pembukaan yang selama ini jarang dimainkan dan bahkan jarang diketahui namanya.
Mereka juga membagi pembukaan-peembukaan aneh tersebut dalam beberapa kategori yaitu yang baik, yang jelek, yang buruk, dan yang berada di zona twilight atau tidak termasuk dalam zona lainnya.
Berikut ini adalah beberapa pembukaan aneh terbaik tersebut.


1.    Pembukaan Saragosa (1.c3)

Pembukaan ini bisa dikatakan sebagai pembukaan Caro-Kann terbalik atau Slav terbalik. Langkah 1.c3 tidak membantu putih untuk menguasai pusat tetapi tidak pula menciptakan kelemahan. Jadi langkah ini bisa jadi pilihan untuk mengejutkan lawan.


2.    Pembukaan Mieses (1.d3)

Lagi-lagi, pembukaan aneh seperti ini ternyata memiliki nama. Mieses adalah salah satu Grand Mater asal  Amerika yang mengenalkan pembukaan ini. dalam bukunya yang berjudul “How to Play Good Opening Moves”, Edward Mednis menyatakan bahwa langkah 1.d3 tergolong langkah buruk.


3.    Pembukaaan Van Kruij (1.e3)

Sama seperti dua pembukaan di atas, putih menyerahkan penguasaan terhadap petak pusat kepada hitam.


4.    Dunst (1.Kc3)

Pembukaan ini mungkin adalah yang paling populer dalam daftar ini dan bisa bertrasposisi menjadi pembukaan 1.e4 lainnya. Pembukaan ini tercatat juga di chessbase.


5.    Battambang (1.Kc3,2.a3)

Nama yang aneh bukan? Pembukaan ini hanya ditandai dengan langkah putih di atas, tdak peduli apapun jawaban hitam. Pembukaan ini bisa betransposisi ke varian Mengarini dari pembukaan Vienna.


6.    Venezolana ( d3,Kc3,g3)

Pembukaan ini dikembangkan oleh pecatur Venezuela R. Torres. Pembukaan ini hanya ditandai dengan langkah-langkah di atas.

7.    Serangan Bugayev ( 1.b4 dengan a3 )

Pembukaan ini hampir mirip dengan pembukaan orang utan.  Langkah a3 bisa dilakukan pada langkah ke tiga.


8.    Pembukaan Sokolsky (1.b4 )

Pembukaan ini juga dikenal dengan nama pembukaan orang utan. Cukup populer sebenarnya. Akan tetapi memiliki kemungkinan kemenangan yang tidak menguntungkan bagi putih.


9.    Pembukaan Larsen (1.b3)

Pembukaan ini dipopulerkan oleh pecatur Denmark, Bent Larsen.


10.    Gambit Lisitsin Diperbaiki (1.Kf3 f5 2.d3)

Entah kenapa pembukaan ini memiliki nama yang sangat aneh seperti ini. mungkin awalnya pembukaan ini sangat buruk ya?


11.    Pembukaan Bird (1.f4)

Pembukaan ini sangat terkenal dan memiliki popularitas yang cukup tinggi. Bahkan ada beberapa pecatur yang menulis  tentang pembukaan ini secara khusus.


12.    Pembukaan Kebodohan Santasiere (1. Kf3 d5 2.b4)

Entah kenapa pembukaan ini dinamakan kebodohan. Mungkin untuk membuat orang penasaran ya? Atau gak ada nama lain yang lebi keren?


13.    Pembukaan double fianchetto (b3,Gb2,g3,Gg2)

Apapun jawaban hitam, putih akan memasang bentuk formasi seperti ini. pembukaan ini sering dimainkan oleh pecatur  pemula.


14.    Pembukaan Reti Polonaise (1.Kf3 d5 2.c4 d4 3.b4)

Pembukaan ini mungkin hanya salah satu varian yang bisa terbentuk dari pembukaan Reti


15.    Pembukaan Belanda Anglo-Polish (1.c4 f5 2.b4)

Pembukaan ini juga cukup aneh ya bagi para pecatur pada umumnya yang jarang membaca buku. Pembukaan ini mengkombinasikan 3 langkah yang cukup umu pada pembukaanyaitu c4 (Pembukaan Inggris), f5 (pertahanan Belanda), dan b4 (pembukaan Polish).


16.    Pembukaan Inggris  Orang-Utan (1.c4 Kf6 2.b4)

Pembukaan ini cukup bagus sehingga bisa masuk dalam daftar ini.