Saturday, January 10, 2015

14 Alasan Mengapa Banyak Orang Pilih Jadi PNS

image source : diskominfo-pde.riau.go.id


Apakah anda adalah freshgraduate yang sedang mencari pekerjaan adan mempertimbangkan untuk menjadi PNS? Atau anda sedang menyusun rencana masa depan anda dan Menjadi Pegawai Negeri Sipil menjadi salah satu pertimbangan Anda?
Jika jawabannya adalah iya, maka anda telah masuk di tempat yang tepat. Entah sejak kapan profesi sebagai PNS telah menjadi primadona dan pilihan utama oleh banyak orang. Bahkan anak-anak kecil yang masih belum tau apapun juga banyak yang bercita-cita menjadi PNS.

PNS dianggap sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Adapun beberapa alasan mengapa banyak orang ingin menjadi PNS berikut ini mungkin bisa anda pertimbangkan.
1. Tidak ada PHK
Sudah jelas bahwa menjadi Pegawai Negeri Sipil berarti anda akan bebas dari PHK. Nampaknya alasan ini menjadi alasan bagi banyak orang dibandingkan bekerja di sektor swasta yang sangat beresiko. Pekerjaan sebagai PNS memungkinkan anda untuk bekerja dengan nyaman tanpa ada perasaan was-was akan dipecat kecuali jika anda melanggar hukum.
2. Tidak ada target
Bekerja sebagai PNS dianggap oleh banyak orang sebagai pekerjaan yang sangat santai karena tidak ada target yang dibebankan. Coba bandingkan dengan bekerja di sektor perbankan dimana anda akan ditargetkan ini dan itu selama dalam kurun waktu tertentu dan tentunya akan membuat anda merasa tertekan.

3. Jaminan hidup di hari tua

Bisa dibilang ini adalah alasan utama yang menjadi primadona bagi orang-orang yang ingin menjadi PNS. Banyak ornag yang tidak ingin kehidupan di hari tuanya nanti akan mengalami kesulitan sehingga PNS menjadi pilihan terbaik. Dan hal yang paling menarik adalah bahwa hal ini telah menjadi hal yang sangat umum sehingga anak SD pun tahu itu.

4. Mudah dapat calon istri

Sejak zaman dahulu kala, profesi PNS telah menjadi sesuatu yang sangat memudahkan dalam banyak hal. Termasuk dalam hal mendapatkan calon istri. Entah mengapa wanita lebih tertarik pada lelaki yang berprofesi sebagai PNS. Mungkin karena PNS lebih menjamin masa depan mereka ya?

5. Disukai calon mertua

Paradigma orang tua zaman sekarang itu masih tetap sama dengan pada zaman dulu. Orang tua cederung terbuka pada pacar anaknya yang berprofesi sebagai PNS dibandingkan profesi lainnya. Pengalaman teman saya sih, sampai sekarang hubungannya dengan pacarnya tidak direstui hanya karena ia bekerja pada salah satu bank di kota saya. Jadi, jika ingin memenangkan hati calon mertua, maka tunggu apa lagi? Persiapkan diri anda untuk menjadi PNS.

6. Banyak kemudahan

Harus diakui, PNS akan mengalami banyak kemudahan dalam hidupnya, terutama dalam hal cicil-menyicil ataupun melakukan kredit. Profesi PNS lebih dipercaya oleh banyak pihak sehubungan dengan urusan di atas.

7. Mengabdikan diri pada negara

Banyak juga orang yang memilih untuk menjadi PNS dengan tujuan untuk mengabdikan diri pada negara. Ingin merubah keadaan dan merubah sistem yang sudah carut marut menjadikan beberapa orang berjuang untuk meraih posisi sebagai PNS. Hanya saja niat tulus ini tidak dibarengi dengan pendapatan yang baik bagi para Pegawai Negeri Sipil.

8. Menjadi kebanggaan tersendiri
 
Sejak zaman batu, profesi PNS telah menjadi hal yang sangat membenggakan bagi banyak orang. Bukan hanya pribadi saja, tetapi juga keluarga, terutama orang tua, adik, kakak, bahkan sampai kakek nenek dan keluarga jauhpun akan merasa bangga jika salah satu anggota keluarganya menjadi PNS. Apa lagi PNS itu di lingkungan kementrian.

9. Membuka kesempatan belajar ke luar negeri

Jangan salah lho. Dengan berprofesi sebagai PNS seseorang membuka kesempatan yang sangat besar untuk bisa meraih beasiswa dan melanjutkan pendidikan di luar negri.

10. Tunjangan yang besar


Berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil akan memberikan anda tunjangan yang besar, seperti tunjangan anak, istri, dan lain-lain. Selain itu anda juga akan mendapatkan jaminan kesehatan. Apalagi saat ini dibeberapa instansi ada remunerasi yang tentunya sangat besar jumlahnya.

11. Penghasilan stabil dan tidak pernah turun

Pernakah anda mendengar gaji pegawai negeri diturunkan? Tentu saja tidak. Bahkan gaji PNS dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan meskipun gak besar-besar amat. Berdasarkan cerita dari ayah saya, gaji awalnya adalah sebesar Rp. 35.000,- dan sekarang gaji pokoknya sebagai PNS adalah 7 digit.

12. Banyak waktu luang

Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil itu sangat tidak terbebani sehingga seseorang bisa memiliki waktu luang yang sangat banyak. Bandingkan dengan bekerja di sektor swasta. Dengan banyaknya waktu luang tersebut, maka anda akan bisa lebih dekat dengan keluarga anda ataupun bisa melakukan bisnis sampingan.

13. Dipaksa orang tua

Ini adalah alasan yang terjadi pada beberapa orang. Pandangan orang tua yang belum berubah sejak dulu menyebabkan banyak orang  tua menginginkan anaknya juga terjun menjadi Pegawai Negeri Sipil sehingga karena keterpaksaan itu banyak orang  menjadi Pegawai Negeri Sipil.

14. Sayang orang tua

Ternyata ada juga orang yang memutuskan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil karena rasa sayang pada orang tua. Mungkin karena tidak ingin mengecewakan orang tua mereka, maka beberapa orang tersebut akhirnya memutuskan untuk menjadi PNS

Jadi, bagaimanan dengan anda? Apakan anda sudah memutuskan untuk menjadi PNS juga? Atau mungkin anda masih butuh alasan ekstra yang lebih kuat?

Apapun keputusan anda, tetap ikuti hati nurani anda . alasan diatas hanyalah alasan-alasan yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan.
Previous Post
Next Post